Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaBale BandungBercocok Tanam Hidroponik Jadi Hobi Baru Saat Pandemi

Bercocok Tanam Hidroponik Jadi Hobi Baru Saat Pandemi

Balebandung.com – Dengan terus meningkatnya pandemi Covid-19, menuntut pemerintah untuk menerapkan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), guna mencegah melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia.

Dengan pembatasan ini orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Keadaan seperti ini menyebabkan perubahan gaya hidup seperti jam kerja, waktu belajar, aktifitas fisik, hingga seluruh kegiatan harian yang dilakukan sehari-hari. Kondisi ini membuat  suatu hobi baru, salah satunya bercocok tanam.

Bercocok tanam Hidroponik, salah satu hobi yang banyak dilakukan saat pandemi. Hidroponik adalah cara bertanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Media tanam yang banyak digunakan seperti arang sekam, rockwoll, cocopit, pasir dan media tanam lainnya.

Hidroponik atau biasa disebut dengan urban farming banyak dipraktekkan masyarakat karena tidak memerlukan lahan yang luas untuk melakukannya. Apalagi sekarang ini dengan menyempitnya lahan produktif bukan menjadi halangan untuk mereka yang ingin bercocok tanam, salah satunya yakni dengan sistem hidroponik.

Trend yang saat ini sedang terjadi telah banyak dilakukan seperti pada tanaman sayuran selada, kangkung, sawi, bayam dan sebagainya.

Beberapa langkah saat melakukan bercocok tanam secara Hidroponik antara lain menyiapkan media tanam, tahap pembenihan, proses pindah tanam serta pembesaran, dan terakhir pemanenan.

Selain itu, faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan tanaman melalui sistem ini yaitu penggunaan air yang berkualitas, suhu yang stabil, sinar matahari yang tercukupi, kebersihan lingkungan, hingga kebutuhan akan nutrisi serta unsur hara lainnya yang disesuaikan dengan sayuran yang sedang ditanam.

Dengan demikian, beberapa faktor yang tadi sudah disebutkan di atas sangat diperlukan dalam sistem penanaman ini agar nantinya kita dapat memperoleh hasil yang maksimal.*** by Widyanti, SP, SMK Negeri 1 Cilengkrang.

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI