Selasa, Mei 21, 2024
BerandaBale BandungBupati Bandung Dukung Peningkatan Profesionalisme Wartawan

Bupati Bandung Dukung Peningkatan Profesionalisme Wartawan

SOREANG, Balebandung.com – Bupati Bandung Dadang Supriatna berharap dalam rangka mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bisa turut andil upaya peningkatan sumber daya manusia yang profesional dan paham digitalisasi.

Untuk itu dalam rangka peningkatan SDM ini, Bupati Bandung mendukung upaya peningkatan profesionalisme wartawan agar lebih eksis di tengah masyarakat dan mengedukasi masyarakat serta membantu Pemkab Bandung dalam pembangunan.

Mengingat media massa, organisasi wartawan maupun para wartawan bagian dari mitra strategis Pemkab Bandung dalam membangun daerah.

Hal itu diutarakan bupati saat bersilaturahmi dengan pengurus baru Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bandung periode 2023-2026, di Ruang Rapat Bupati Bandung, Soreang, Rabu (17/1/2024).

Bupati menguraikan, dalam rangka mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045, ada lima hal yang menjadi harapan banyak pihak, pertama peningkatan kualitas SDM yang profesional dan paham IT. Kedua, big data, ketiga riset dan development, keempat institusi yang kuat dan kelima pengelolaan keuangan (anggaran) yang baik.

“Termasuk untuk teman-teman di PWI pun, kalau mau mengadakan kegiatan dalam rangka peningkatan kapasitas atau profesionalisme wartawan, saya selaku bupati, juga dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), siap men-support dan memfasilitasinya,” tandas Bupati Dadang Supriatna yang akrab disapa Kang DS ini.

Kang DS mengakui PWI merupakan organisasi profesi wartawan, sehingga orang-orangnya profesional dan tahu kode etik jurnalistik.

“Dengan adanya PWI, pemerintah daerah sangat terbantu,” ungkap Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna.

Kang DS mengatakan wartawan yang memahami kode etik jurnalistik, tentunya tahu bagaimana membuat sebuah berita atau informasi faktual yang dibutukan oleh masyarakat luas.

“Pemkab Bandung sangat terbuka untuk dikritisi, selama kritiknya konstruktif dan sesuai dengan aturan kode etik jurnalistik. Mengkritisi pun harus paham substansi dan regulasi,” kata dia.

Bupati Bedas berharap hadirnya PWI ini bisa lebih eksis hadir di tengah-tengah masyarakat. Dapat menyampaikan informasi dan edukasi kepada masyarakat betul-betul lebih baik.

Kang DS mengucapkan terima kasih kepada pengurus PWI Kabupaten Bandung dan mengucapkan selamat kepada pengurus baru PWI Kabupaten Bandung dengan Ketua terpilih Enung D Susana.

“Selamat bertugas. Semoga tugas PWI betul-betul membawa ke arah yang lebih baik,” ucap bupati didampingi Kepala Diskominfo Kabupaten Bandung Yosep Nugraha.

Ketua PWI Kabupaten Bandung Enung D Susana mengucpakan terima kasih kepada Bupati Bandung yang sudah menerima pengurus baru PWI Kabupaten Bandung dalam audiensi kali ini.

Enung mengucapkan selamat kepada Bupati Bandung yang mendapatkan anugerah budaya dari PWI Pusat, terkait pelestarian dan pengembangan kesenian lokal badawang asal Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung.

“PWI Kabupaten Bandung berharap bisa bekerjasama dengan semua dinas atau OPD yang ada di lingkungan Pemkab Bandung,” ucap Enung.***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

spot_img