Kamis, September 29, 2022
BerandaBale BandungCamat Rancaekek Dorong Percepatan Pencairan Pinjaman Dana Bergulir Tanpa Bunga

Camat Rancaekek Dorong Percepatan Pencairan Pinjaman Dana Bergulir Tanpa Bunga

RANCAEKEK,balebandung.com – Pemerintah Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung terus berusaha untuk memfasilitasi masyarakat, khususnya para pelaku usaha dalam upaya percepatan penyerapan program Bupati Bandung HM Dadang Supriatna, di antaranya realisasi pemberian bantuan pinjaman dana bergulir tanpa bunga.

“Tadi kita melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak, di antaranya dihadiri perwakilan dari bank bjb, pendamping dan aparatur pemerintahan Kecamatan Rancaekek untuk membahas percepatan pencairan pinjaman dana bergulir kepada masyarakat yang merupakan para pelaku usaha,” kata Camat Rancaekek Diar Hadi Gusdinar kepada wartawan di Rancaekek, Rabu (10/8/2022).

Camat Diar berharap para pelaku usaha yang mengusulkan pinjaman dana bergulir yang merupakan unggulan program Bupati Bandung itu, khususnya yang sudah terpenuhi syarat-syaratnya untuk segera dicairkan.

“Supaya manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, terutama oleh para pelaku usaha atau UMKM. Pinjaman dana bergulir tanpa bunga ini untuk menghindari pinjam ke bank emok yang menerapkan bunga tinggi,” katanya.

Diar menjelaskan di sejumlah desa di Kecamatan Rancaekek, di antaranya warga Desa Sangiang, Desa Rancaekek Wetan dan desa-desa lainnya, berdasarkan informasi dari para pendampingi sudah ada sejumlah warga atau pelaku usaha yang mengusulkan pinjaman dana bergulir tanpa bunga itu.

“Berdasarkan informasi dari pendamping Hanifah sudah ada pencairan secara bertahap. Untuk diketahui, di Desa Sangiang ada 8 pelaku usaha, dan di Desa Rancaekek Wetan ada 24 pelaku usaha. Mereka mengusulkan pinjaman ke bank bjb, sedangkan yang mengusulkan ke bank BPR Kertaharja, sudah ada pencairan 125 nasabah dan di antaranya sebanyak 15 pelaku usaha dari Desa Sangiang yang disertakan untuk pencegahan program stunting,” katanya.

Diar mengatakan, program pinjaman dana bergulir tanpa bunga ini dengan sasaran peningkatan ekonomi masyarakat. Selain itu untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) dan laju pertumbuhan ekonomi (LPE).
“Kami berharap dengan adanya program pinjaman dana bergulir ini, manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” harapnya.

Camat Rancaekek juga terus berusaha untuk memfasilitasi masyarakat terkait program tersebut. “Untuk mendapatkan program pinjaman dana bergulir tanpa bunga itu, warga harus memiliki persyaratan di antaranya surat keterangan usaha, KTP, kartu keluarga,” katanya. ***

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI