Sabtu, April 13, 2024
BerandaBale BandungCucun A Syamsurijal: Lanjutkan Perjuangan Alm KH Asep Besarkan NU

Cucun A Syamsurijal: Lanjutkan Perjuangan Alm KH Asep Besarkan NU

CIPARAY, Balebandung.com – Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal mengaku dirinya menjadi saksi atas sepak terjang almarhum Ketua Tanfidziyah PC Nahdlatul Ulama Kabupaten Bandung KH Asep Jamaludin dalam membesarkan NU di Kabupaten Bandung.

Almarhum KH Asep wafat di Rumah Sakit Jantung Jakarta sekitar pukul 14.30 WIB, Kamis (23/11/2013). Almarhum dikebumikan Jumat (24/11) di Pemakaman Ciheulang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung.

“Saya menjadi saksi almarhum berjuang gigih bagaimana mengangkat marwah NU, harkat martabat jami’iyah ketika dalam posisi tidak seperti saat ini. Saya ingat dulu almarhum pernah menitipkan pesan bahwa ke depan NU akan besar,” kata Cucun saat takziyah dan menghadiri pemakaman.

Menurut Cucun yang juga anggota Komisi III DPR RI ini, almarhum memiliki cita-cita dan visi misi yang jelas. Tentu dalam perjalanan perjuangannya, ada yang suka maupun tidak suka.

“Karena itu saya atas nama besar keluarga besar, adiknya almarhum, mohon dimaafkan kalau ada kesalahan dalam hal perkataan, kebijakan selama dirinya mengemban tugas yang diamanahkan oleh warga jami’iyah se-Kabupaten Bandung,” ucapnya.

Cucun juga menyerukan kepada seluruh warga jami’iyah untuk melanjutkan jejak perjuangan almarhum dalam membesarkan NU di Kabupaten Bandung. Menurutnya, Nahdlatul Ulama sekarang sudah memimpin di Kabupaten Bandung.

“Berkat kepemimpinan almarhum dengan ketawadhuannya. Beliau tidak pernah menunjukan siapa dirinya, tapi ditunjukan dengan wujud nyata dan mampu menyelesaikan berbagai permasalah di Kabupaten Bandung. Saya bersama Bupati Bandung menjadi saksinya bagaimana beliau membawa Nahdlatul Ulama di Kabupaten Bandung,” kenangnya.

Cucun meyakini semua merasa kehilangan sosok almarhum. Ia pun yakin almarhum seorang yang soleh, husnul khatimah dan ahlul jannah.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Cakra Amiyana mengungkapkn dirinya sempat menjenguk almarhum saat dibawa ke Rumah Sakit Jantung Jakarta.

“Saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Bandung menyampaikan bela sungkawa yang mendalam atas wafatnya almarhum. Kabupaten Bandung sangat kehilangan tokoh ulama besar yang begitu humble dan smart,” ucap sekda.

Cakra menambahkan almarhum juga sosok ulama yang punya konsep yang visioner dalam memajukan umat.

“Beliau juga banyak memberikan masukan bagi Pemerintah Kabupaten Bandung untuk lebih membuat program yang menyentuh langsung masyarakat,” kenang sekda.***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI