Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale CimahiDisdukcapil Cimahi Antisipasi Kedatangan Penduduk Musiman

Disdukcapil Cimahi Antisipasi Kedatangan Penduduk Musiman

kepadatan pendudukCIMAHI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi mengantisipasi kedatangan penduduk musiman saat arus mudik lebaran tahun ini selesai. Sebab sudah jadi kebiasaan jika warga yang pulang ke kampung halaman ketika kembali membawa saudara atau teman untuk mengadu nasib hidup di kota.

Kepala Bidang Kependudukan, Disdukcapil Cimahi Dessy Setiawati mengatakan kemungkinan pertambahan penduduk usai lebaran dan arus mudik nanti diprediksi mencapai sekitar 5%.

“Setiap tahun seusai lebaran biasanya banyak warga pendatang yang membuat surat keterangan tinggal sementara dan jumlahnya berkisar di angka 5%,” sebut Dessy.

Menurutnya untuk mengendalikan jumlah penduduk di Kota Cimahi sangat sulit. Mengingat tidak semua warga yang menetap di Cimahi terdata dan melapor ke pemerintahan setempat. Tidak jarang banyak dari mereka yang tidak mengurus surat izin menetap sementara dan baru diketahui ketika dilakukan razia.

Lebih lanjut dikatakannya jika dari data yang ada setiap harinya rata-rata puluhan hingga ratusan penduduk yang mengajukan perpindahan untuk menetap di Cimahi. Hal itu pun hampir sebanding dengan jumlah pengajuan yang keluar dari Cimahi untuk menetap di wilayah lain.

“Jika ditotalkan dalam satu bulan ada seribuan warga yang mengajukan keluar tapi ada juga yang mengajukan untuk menetap di Cimahi. Tapi jika dipresentasekan yang melapor untuk mentap di Cimahi jumlahnya masih lebih besar,” ujarnya. [fik]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI