Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBale CimahiDisdukcapil Cimahi Siapkan Paket Three In One

Disdukcapil Cimahi Siapkan Paket Three In One

KTPCIMAHI – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi menyiapkan paket administrasi kependudukan three in one. Melalui paket kebijakan ini warga yang mengurus satu administrasi bisa langsung mendapatkan beberapa surat kependudukan sekaligus.

Kepala Bidang (Kabid) Kependudukan Disdukcapil Cimahi, Dessy Setiawati menerangkan, paket pelayanan baru ini kemungkinan akan coba diterapkan pada Mei 2016. “Paket three in one itu adalah paket jika seorang warga mengurus satu dokumen, dia akan mendapat tiga surat kependudukan,” terang Dessy kepada wartawan Jumat  (29/4/16).

Dessy menjelaskan pihaknya bahkan menyiapkan empat jenis paket pelayanan three in one yang berbeda. Setiap paketnya nanti akan disesuaikan dengan kebutuhan administrasi masyarakat.

Paket yang pertama, yakni ketika warga ingin mengurus akte kelahiran anak, maka sekaligus akan mendapatkan Kartu Keluarga (KK)serta Kartu Identitas Anak (KIA). Kemudian paket yang kedua, ketika warga luar Kota Cimahi yang ingin pindah lalu ingin mengurus surat pindah, warga tersebut akan diberikan kemudahan. Warga tersebut akan langsung mendapatkan tiga surat administrasi kependudukan di antaranya surat pindah, plus KK dan KTP-L.

Lalu paket yang ketiga, perihal akte kematian. Jika warga akan mengurus akte kematian keluarga atau suami/istri, maka warga tersebut akan mendapatkan KK yang baru, akte kematian serta KTP-L yang baru. Dan paket yang terakhir adalah paket admisnitrasi perceraian. Jika warga ingin mendaftarkan perceraian, maka warga tersebut akan mendapatkan surat administrasi kependudukan yang baru.

“Harapan kami dengan kebijakan baru tersebut akan memotivasi warga untuk bersemangat dalam menguruskan administrasi kependudukan mereka karena prosesnya jadi lebih dipermudah,” ucapnya. [fik]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI