Bale Kab BandungEkonomi

Harga Daging Sapi di Kab Bandung Masih Tinggi

Kadistan Kab Bandung Tisna Umaran. by ist
Kadistan Kab Bandung Tisna Umaran. by ist

SOREANG – Menurut Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung, harga daging sapi di pasar tradisional Soreang masih tinggi. Harga daging sapi lokal sebesar Rp 100 ribu/kg sementara harga daging sapi beku impor sebesar Rp 90 ribu yang seharusnya Rp 80 ribu.

Kepala Disperindag Kab Bandung Popi Hopipah mengatakan harga daging beku yang mencapai Rp 90 ribu lebih didapatkan pedagang dari distributor swasta non Bulog. Harga awal daging beku sebesar Rp 80 ribu dan pedagang menjual Rp 90 ribu dengan keuntungan Rp 10 ribu.

“Ada yang Rp 60-70 ribu untuk kerbau dan tertinggi daging sapi beku sebesar Rp 90 ribu dari Australia, tergantung kualitas daging,” sebut Popi saat ditemui di pasar tradisional Soreang, Jumat (19/5/17).

Meski begitu menurutnya daging impor sudah masuk ke pasar tradisional sehingga masyarakat sudah mau menerima daging impor untuk dikonsumsi. Sementara itu, harga daging lokal masih mencapai Rp100 ribu. “Bila masyarakat tidak bisa beli daging lokal, bisa beli daging beku impor,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Tisna Umaran mengatakan seharusnya daging sapi beku dijual Rp 80 ribu sesuai kebijakan pemerintah pusat. Pelanggaran jadinya kalau ada pedagang yang menjual lebih dari Rp 80 dan mendapat daging dari Bulog.

“Yang menjual Rp 90 ribu daging sapi beku perkilo itu dari distributor swasta, kami dari tim akan membahas itu,” ungkap Tisna.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close