Bale Kab BandungPeristiwa

Hujan Angin Dordar Gelap Rusak 83 Rumah di Cimaung

Angin puting beliung disertai hujan es mengakibatkan beberapa pohon tumbang di Desa Cipinang Kec Cimaung Kab Bandung, Sabtu (21/10). by bb80
Angin puting beliung disertai hujan es mengakibatkan beberapa pohon tumbang di Desa Cipinang Kec Cimaung Kab Bandung, Sabtu (21/10). by bb80

CIMAUNG – Hujan deras disertai angin kencang dan petir merusak 83 rumah warga di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Sabtu (21/10/17). Sejumlah pohon tumbang dan menimpa rumah warga. Angin yang kencang juga mengakibatkan sejumlah genteng dan penutup atap rumah warga berterbangan.

“Hujan deras yang disertai angin kencang dan petir itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB sampai 16.45 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan hanya mengakibatkan kerugian materi saja,” ungkap Kepala Harian BPBD Kabupaten Bandung Tata Irawan, Minggu (22/10/17).

Tata menyebutkan, rumah warga yang rusak seperti terjadi di Desa Cipinang, Kampung Batureog RW 05, Kampung Hegarmanah RW 01, Kampung Pangkalan RW 12, Kampung Cipinang RW 08 dan RW 10. Di wilayah tersebut tercatat ada satu rumah rusak berat dan 16 rusak ringan.

Kemudian di Kampung Cigadong RW 04 dan Kampung Babakan Cianjur RW 03, Desa Malasari ada 19 rumah rusak ringan. Di Desa Campakamulya 30 rumah rusak ringan, Desa Pasirhuni 3 rusak ringan, dan Desa Cimaung 2 rusak berat dan 11 rusak ringan. “Jadi, jika ditotalkan dari 83 rumah yang rusak 80 rusak ringan dan 3 rusak berat,” sebutnya.

BPBD dibantu warga, Polsek Cimaung, Babinsa, Dinas Sosial serta Tagana, langsung ke lapangan untuk melakukan pemotongan pohon-pohon yang menimpa rumah warga dan menghalangi jalan. Pihaknya pun mengimbau warga untuk waspada terhadap kondisi cuaca ekstrem.

“Hari ini Minggu (22/10) kami melanjutkan aksi pembersihan pemotongan pohon yang menimpa rumah milik Pak Ade di Kampung Batureog RT01/05 Desa Cipinang, Kecamatan Cimaung dengan dibantu Polsek, Koramil, dan petugas kecamatan,” ujar Tata.

Petugas BPBD dibantu warga saat sedang membersihkan pepohonan yang tumbang akibat angin kencang dan menimpa rumah warga di Kampung Batureog RT01/05, Desa Cipinang, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close