Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBale KBBJelang Puasa, Disperindag KBB Gelar OPM

Jelang Puasa, Disperindag KBB Gelar OPM

Harga-Kebutuhan-PokokNGAMPRAH – Harga kebutuhan pokok masyarakatdi (kepokmas) Kabupaten Bandung Barat naik rata-rata 10 persen mendekati awal puasa atau munggahan ini. Guna mengantisipasi lonjakan harga kepokmas ini, Dinas  Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Kabupaten Bandung Barat sudah merencanakan menggelar pasar murah dan operasi pasar murah (OPM).

Pasar murah akan dilaksanakan selama tiga hari, dari tanggal 1 sampai 3 Juni di kompleks perkantoran Pemkab Bandung Barat. “Pasar murah akan digelar beberapa hari  menjelang Bulan Puasa. Harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan harga pasaran atau sekitar 70 sampai 80 persen dari harga normal di pasaran,” kata Kepala Disperindagkop dan UMKM Weti Lembanawati.

Weti mengatakan, selain pasar murah, Disperindagkop Kabupaten Bandung Barat juga berkoordasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk meggelar OPM.  Proses OPM sudah memasuki tahap pengusulan dari Disperindag Jawa Barat kepada gubernur. Jika terealisasi nantinya Pemprov Jabar memberikan subsidi antara 30 smapai 40 persen terhadap setiap jenis komoditas barang yang dijual.

“Jika itu terealisasi berarti harga jualnya bisa lebih murah lagi yakni sampai 40 persen,” ucapnya.

Rencananya  komiditas yang akan dijual di pasar murah berupa beras, minyak goreng, telur ayam, daging sapi, daging ayam, dan gula pasir. OPM akan digelar di empat wilayah, yaitu utara, selatan, barat, dan tengah.  “Total kami menyiapkan 5.000 paket di setiap kegiatan OPM ini,” kata Weti. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI