Bale Jabar

Kantor SAR Bandung Gelar SAR Goes to School

Kantor SAR Bandung gelar SAR Goes to School di TK Tunas Unggul di Jl. Pasir Impun Kota Bandung, Kamis (12/3). by SAR Bandung

BANDUNG, Balebandung.com – Sebagai sebuah instansi pemerintahan yang bertugas untuk melayani masyarakat khususnya di bidang SAR (Search and Rescue) atau pencarian dan pertolongan, Basarnas berkewajiban untuk mensosialisasikan terkait SAR kepada masyarakat luas, baik anak anak ataupun dewasa. Ini agar pengetahuan dan kesadaran terkait SAR bisa lebih meluas lagi di masyarakat.

Kantor SAR Bandung mengunjungi TK Tunas Unggul di Jalan Pasir Impun, Kota Bandung, Kamis (12/3/2020). Kegiatan SAR Goes to School (SGTS) ini diikuti sekitar 80 siswa Tk Tunas Unggul dan 11 guru pendamping.

Kepala Seksi Sumber daya dan Potensi Kantor SAR Bandung, Mulyono menyampaikan, tujuan diselenggarakan kegiatan untuk memberikan pendidikan khusususnya untuk anak usia dini terkait SAR dan bencana yang sering dihadapi oleh masyarakat.

“Dengan kegiatan ini, siswa terpupuk kesadaran tentang bencana dengan fokus materi self rescue dan SAR Preventive sesuai dengan peraturan yang berlaku,” kata Mulyono.

Siswa diberikan materi berupa video edukasi bencana yaitu memperkenalkan bencana apa saja yang terjadi di sekitar kita, hingga bagaimana harus menghadapinya. Diharapkan dengan penayangan video tersebut mampu memberikan gambaran bagi siswa terkait kebencanaan dengan cara yang menarik.

SAR Goes to School merupakan sebuah program yang dicanangkan oleh Basarnas untuk mensosialisasikan SAR di tingkat anak sekolah mulai dari TK hingga SMA yang diatur dalam Peraturan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2019 tentang Bimbingan, Penyuluhan, dan Diseminasi  Pencarian dan Pertolongan.

Dalam Pasal 3 ayat (1) diatur bahwa salah satu bentuk kegiatan itu adalah sosialisasi kepada masyarakat khususnya kalangan pelajar. Implementasi kegiatan tersebut berupa Program SGTS. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close