Bale Kab Bandung

KDI Usung Program Desa Digital di Pilbup Bandung

Balonbup Bandung dari Partai Golkar Kang Deding Ishak

CILEUNYI, Balebandung.com – Bakal calon Bupati Bandung dari Partai Golkar Deding Ishak mengusung program unggulan Desa Digital untuk menjawab tantangan dan peluang sektor ekonomi kreatif di saat dan setelah pandemi Covid-19.

Kang Deding Ishak (KDI) menerangkan, Desa Digital merupakan program pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi digital dan internet dalam pengembangan potensi desa, pemasaran dan percepatan akses serta pelayanan informasi.

Nantinya seluruh pelayanan publik di desa akan didigitalisasi, koneksi internet akan dibenahi, command center dibangun, dan masyarakat desa dapat memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan sekaligus mengenalkan produk unggulan di wilayahnya.

“Setelah pandemi Covid-19 ini digitalisasi di desa akan menjadi prioritas kami,” tandas Deding Ishak, Sabtu (13/6/20). Deding mengakui tantangan menyambut digitalisasi desa ini adalah penyediaan infrastrukur dan pengembangan sumber daya manusia.

KDI menegaskan, ekonomi kreatif berbasis desa, revolusi digital di desa akan diperkuat di 2021. “Sehingga resilience (ketahanan) kami akan lebih kuat. Istilah saya tinggallah di desa, tapi rezeki kota, dan bisnis mendunia. Desa Digital ini bakal menjadi magnet bagi para pemuda desa itu sendiri,” kata KDI.

Seralas dengan kebijakan Gubernur Jawa Barat (Jabar) RIidwan Kamil sejak diluncurkan pada 10 Desember 2018, Pemprov Jabar sudah memasang WiFi di desa-desa blank spot atau desa tidak memiliki koneksi internet sama sekali.

Selain itu, sejumlah desa sudah mulai memasarkan hasil pertanian melalui e-Commerce. Hal itu menguntungkan petani dan konsumen, karena alur distribusi yang kerap melambungkan harga, dapat dipangkas.

“Saya mengapresiasi program Desa Digital dari Gubernur Jabar dan akan diimplementasikan di Kabupaten Bandung bila nanti menjadi bupati,” kata Deding Ishak.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close