Bale Kota Bandung

Kekompakan Kunci Sukses Koperasi Sehat

Wali Kota Bandung Oded M. Danial saat melepas 6.200 peserta Jalan Sehat dalam rangka peringatan ke-72 Hari Koperasi tingkat Kota Bandung di Jalan Buahbatu, Sabtu (27/7/19). by Humas Pemkot

BUAHBATU, Balebandung.com – Kunci kesuksesan sebuah koperasi adalah kekompakan anggotanya. Itulah yang diserukan Wali Kota Bandung Oded M. Danial di hadapan 6.200 peserta Jalan Sehat dalam rangka peringatan ke-72 Hari Koperasi tingkat Kota Bandung di Jalan Buahbatu, Sabtu (27/7/19).

Menurut Oded, koperasi adalah lembaga perekonomian berlandaskan kekeluargaan. Sehingga kekompakan dan soliditas anggota menjadi motor pergerakannya.

Oleh karena itu, jalan sehat ini menjadi salah satu upaya untuk mempererat tali kekeluargaan antar-anggota koperasi. Kendati sederhana, namun dampak yang ditimbulkan diharapkan signifikan untuk kemajuan koperasi.

“Kalau ada koperasi yang tidak sehat, biasanya karena anggotanya kurang solid, kurang kompak, dengan pengurusnya, pengawasnya. Tapi kalau kompak biasanya sehat. Maka saya berharap anggota koperasi di Kota Bandung harus meningkatkan kekompakan,” ucap Oded.

Menurutnya, kesehatan koperasi ini tentu penting agar roda-roda perekonomian bagi anggotanya dapat terus bergulir. Sehatnya koperasi, ditandai dengan kemampuan koperasi untuk menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan membagikan Sisa Hasil Usaha (SHU) kepada anggotanya.

Berdasarkan data Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Bandung, dari sekitar 1.200 koperasi di Kota Bandung, terdapat kurang lebih 500 koperasi yang dinyatakan sehat. Oded meminta Ketua Dekopinda Kota Bandung, Usep Sumarno untuk terus membina 700 koperasi lainnya agar tumbuh sehat.

Usep menambahkan, ada dua prinsip lain yang harus dimiliki koperasi agar bisa dinyatakan sehat. Salah satunya adalah integritas anggota. “Anggota koperasi harus jujur,” kata dia.

Di sisi lain, kompetensi anggota dalam menjalankan koperasi juga penting. Oleh karena itu, pihaknya senantiasa membina dan melatih koperasi di Kota Bandung.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close