Bale Kab BandungEkonomi

Mentan Minta Petani Optimalkan Masa Tanam

Mentan Andi Amran Sulaiman saat panen raya padi di Kp Sutam, Desa Sumbersari, Kec Ciparay, Kab Bandung, Sabtu (5/8/17). by iwa/bbcom
Mentan Andi Amran Sulaiman saat panen raya padi di Kp Sutam, Desa Sumbersari, Kec Ciparay, Kab Bandung, Sabtu (5/8/17). by iwa/bbcom

CIPARAY – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan panen dari April sampai September berhasil dan kualitasnya bagus. Untuk itu Kementerian Pertanian menekankan kepada petani agar mengoptimalkan masa tanam pada musim kemarau ini sehingga pada November, Desember, dan Januari, tidak terjadi paceklik.

“Jangan sampai terjadi paceklik di musim kemarau nanti,” ucap Mentan saat panen raya padi di Kampung Sutam, Desa Sumbersari, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Sabtu (5/8/17).

Amran menyebutkan, pola tanam yang dibangun saat ini harus mencapai 1 juta hektare (ha) dari biasanya hanya 500.000 ha/bulan. Bulan lalu sudah tercapai dan diharapkan Agustus dan September bisa mencapai angka itu.

“Sistemnya sederhana sstem yang sudah kita bangun di mana pada bulan Juli, Agustus dan September tidak boleh tanam di bawah satu juta hektare, sehingga tidak ada paceklik dan harga beras stabil, ini sudah masuk tahun kedua harga beras stabil” pungkasnya.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close