Bale Kota Bandung

Oded Imbau Panitia Kurban Gunakan Kantong Ramah Lingkungan

Satgas Pemeriksa Hewan Kurban ini dilepas Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Plaza Bale Kota Bandung, Senin (29/7/19). by Humas Pemkot

BANDUNG, Balebandung.com – Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengeluarkan surat edaran bagi para panitia hewan kurban agar tidak menggunakan kantong plastik dalam pengemasan daging kurban. Sebagai bahan alternatif pengganti, Oded menganjurkan penggunaan kantong/kemasan yang ramah lingkungan dan dapat diguna ulang.

Selain kurban berkah, dan lingkungan yang bersih di Hari Raya Idul Adha 1440 H, hal tersebut berhubungan dengan pertimbangan alasan lingkungan dan kesehatan.

Dalam surat yang diterbitkan pada 29 Juli 2019 tersebut disebutkan jika memungkinkan menggunakan bahan organik. Nih, kemasan ramah lingkungan tersebut adalah:

1. Mudah diuraikan dengan proses alamiah dan tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan seperti daun pisang, daun jati, kertas dan lain-lain yang sejenis.
2. Bisa digunakan ulang dan mudah terurai, seperti kardus, besek bambu, besek daun pandan, besek daun kelapa atau kemasan lainnya yang sejenis.
3. Bisa digunakan ulang dan tidak menimbulkan dampak lingkungan seperti kotak yang direkomendasikan untuk makanan dan yang sejenisnya.

Imbauan penggunaan kantong ramah lingkungan juga berkaitan dengan pelaksanaan program Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan, dan Manfaatkan Sampah). Penggantian kemasan tersebut dimaksudkan pula untuk menghindari meningkatnya timbunan sampah plastik.

Hal ini juga untuk mengurangi dampak negatif dari pengemasan daging kurban, yang salah satunya pada kantong kresek khususnya plastik yang berwarna hitam yang mengandung zat karsinogentik (memicu kanker) dan dapat mengkontaminasi daging kurban serta menyebabkan kanker bila digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu agar diamanahkan pula pembuangan limbah binatang kurban dengan mengubur ke dalam tanah untuk dijadikan pupuk, dimasukan ke dalam biodigester/septik tank terdekat dan tidak dibuang ke sungai karena mencemari sungai.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close