Kamis, September 29, 2022
BerandaBale BandungPeduli Sesama, 83 Polwan Laksanakan Donor Darah

Peduli Sesama, 83 Polwan Laksanakan Donor Darah

SOREANG, balebandung.com – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Polisi Wanita (Polwan) ke-74, anggota Polwan Polresta Bandung melaksanakan bakti sosial donor darah di PMI Kabupaten Bandung, Jalan Kopo Permai, Desa Sukamenak, Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung, Kamis (18/8/2022).

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo melalui Pakor Polwan Polresta Bandung AKP Sri Rohliawati mengatakan donor darah ini diikuti sebanyak 83 anggota polwan.

“Hari ini ada 83 anggota polwan Polresta Bandung, baik yang dinas di Polres maupun di Polsek wajib mengikuti donor darah ini,” kata Sri, Kamis (18/8/2022).

Sri mengatakan bahwa darah yang terkumpul selanjutnya diserahkan kepada pihak PMI untuk disimpan dan digunakan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Dikatakan Sri, saat ini tingkat kesadaran masyarakat untuk menjadi pendonor sukarela masih rendah.

Padahal, menurutnya, banyak sekali manfaat rutin donor darah bagi kesehatan pendonornya.

“Pada kesempatan ini kami mengajak seluruh masyarakat untuk berani mendonorkan darahnya, karena selain untuk membantu sesama, donor darah ini juga baik untuk kesehatan,” tuturnya.

Hari Polwan selalu dirayakan setiap 1 September. Tahun ini mengusung tema ‘Polri yang Presisi Polwan Siap Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural Untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh’.

Perlu diketahui, kata Sri, donor darah selain untuk mengangkut dan mendistribusikan oksigen ke seluruh jaringan tubuh, darah masih memiliki banyak fungsi penting lainnya.

Misalnya, mengangkut sari-sari makanan dari usus ke jaringan tubuh, mengatur dan mengontrol temperatur tubuh, hingga mengatur distribusi hormon.

“Maka, tak diragukan lagi, donor darah memang dapat menyelamatkan nyawa tiap orang yang membutuhkannya,” katanya.

Oleh sebab itu, katanya, agar stok darah tetap tersedia, maka orang yang sehat tak perlu ragu untuk mendonorkan darahnya.***

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI