Bale JabarHumanioraPendidikan

Pendidikan Menwa Bukan Militerisme

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M Herindra membuka pendidikan dasar Resimen Mahasiswa Mahawarman Gelombang I tahun 2016 di Lapangan Makorindam III/Siliwangi Jalan Manado Bandung, Selasa (27/12). by Pendam Slw
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M Herindra membuka pendidikan dasar Resimen Mahasiswa Mahawarman Gelombang I tahun 2016 di Lapangan Makorindam III/Siliwangi Jalan Manado Bandung, Selasa (27/12). by Pendam Slw

BANDUNG – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI M Herindra membuka pendidikan dasar Resimen Mahasiswa Mahawarman Gelombang I tahun 2016 di Lapangan Makorindam III/Siliwangi Jalan Manado Bandung, Selasa (27/12/16).

Selaku Irup Pangdam menyampaikan Ketahanan wilayah merupakan tanggung jawab seluruh komponen bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mahasiswa merupakan komponen potensial yang dapat mendukung tercapainya ketahanan nasional, melalui sumber daya keilmuan yang dimiliki.

“Perjalanan kemerdekaan bangsa Indonesia tak lepas dari perjuangan para mahasiswa pada saat itu yaitu Tentara Pelajar (TP), juga merupakan cikal bakal Resimen Mahasiswa. Sehingga keberadaan Menwa di tengah masyarakat termasuk dalam katagori generasi muda yang terdidik dan terlatih,” kata Pangdam.

Dengan dibukanya pendidikan latihan dasar Menwa, imbuh Pangdam, diharapkan para peserta akan memiliki kepribadian yang trampil, disiplin, ulet, kerja keras dan percaya pada kemampuan sendiri, serta selalu taat pada hukum dan dapat menjadi kader untuk penggerak kesadaran bela negara.

“Pendidikan dasar Menwa ini bukanlah bentuk dari militerisasi, namun semata-mata hanya sebagai bentuk pembekalan pengetahuan dan keterampilan khusus dan pembentukan sikap, tingkah laku yang berlandaskan Pancasila dan Panca Dharma Satya Resimen Mahasiswa,” tandas Herindra..

Kesadaran bela negara jadi faktor penting untuk dimantapkan, mengingat fenomena perubahan lingkungan strategis akibat arus globalisasi dan informasi menyebabkan tergerusnya wawasan kebangsaan dan bela negara di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda, yang dapat mengancam integritas bangsa.

Pangdam berpesan agar para peserta dapat mengikuti proses pendidikan ini dengan penuh rasa disiplin dan tanggung jawab, kembangkan suasana kebersamaan serta jiwa korsa di antara sesama peserta dan harus benar-benar mentaati serta melaksanakan setiap ketentuan dan segala perintah dari para pelatih, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan aman, lancar dan berhasil.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close