Bale Kab Bandung

Pipa Transmisi Perumda Bocor, Rumah Warga Banjir Akibat Semburannya

Pegawai Perumda Air Minum tengah memperbaiki pipa.

Kab. Bandung. Balebandung.com – Kebocoran pipa transmisi air baku SPAM Gambung di Jalan Baru Sadu Kecamatan Soreang, yang diperkirakan terjadi pada pukul 07.30 WIB, mengakibatkan beberapa rumah warga terendam air.

Kebocoran pipa dikatakan Direktur Teknik Perumda Air Minum Tirta Raharja, Agus Pujiyanto, terjadi pada sambungan pipa pengaliran air. Dari sambungan pipa air itu menyebabkan semburan yang menjadikan banjir ke rumah warga di depan lokasi kejadian.

Agus sudah melakukan pendataan ke warga, melalui Koordinator Wilayah, Hari Sundana, untuk melakukan pendataan jumlah kerugian yang diakibatkan kebocoran pipa ini.

“Sudah semestinya kita bertanggung jawab kepada warga terdampak, karena ini merupakan sebuah kewajiban dalam pelayanan,” katanya di lokasi kejadian, Minggu (2/5/2021).

Dampak lainnya, Agus menyebutkan, sebagian wilayah akan mengalami kesulitan air minum sementara waktu. Diantaranya, Soreang Kota, Soreang Indah, Gading Tutuka 1, Halimun, Topindo, Bumi Sukagalih Permai, Sangkan Hurip, Katapang Indah, Pangauban, Bojong Koneng, Nuansa Junti, Gading Junti Asri, Kabupaten Dewi, Junti Hilir, Bojong Buah dan Lebak Wangi.

Untuk lebih jelasnya, lanjut dia, bagi warga pelanggan Perumda bisa menghubungi Customer Service agar bisa jelas. Dan dia atas nama Perumda Tirta Air Minum, meminta maaf atas kejadian ini yang menyebabkan kebutuhan pelayanan air minum menjadi tidak maksimal.

Sementara salah seorang korban terdampak, Hendi, menuturkan, dari pukul 07.30 pagi, rembesan air memang sudah nampak. Tak lama berselang rembesan itu semakin besar dan berubah menjadi semburan kuat diiringi bebatuan.

Menghadapi masalah tersebut, dia beserta anggota keluarga yang menyelamatkan barang berharganya, karena semburan air itu mencapai loteng dan menyebabkan banjir di lantai satu.

Hendi tidak bisa memprediksikan mengenai berapa kerugian yang dialaminya. Namun dia merasa bersyukur kalau pihak Perumda Air Minum akan bertanggung jawab dengan kejadian itu dengan mengganti setiap kerusakan.

“Ini kejadian yang kedua kalinya. Namun kali ini lebih kencang semburannya,” ujar Hendi.

Selain Hendi, warga yang terdampak dari kejadian tersebut, Evi, yang juga mengalami kerugian karena rumah tinggalnya terendam genangan air. Dan hampir semua barangnya basah. (Fattah).

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close