Rabu, Juli 6, 2022
BerandaBale BandungPLTP Patuha 2 Uji Alir Sumur Kedua

PLTP Patuha 2 Uji Alir Sumur Kedua

PASIRJAMBU, Balebandung.com – PT Geo Dipa Energi (Persero) melakukan uji alir sumur (well testing) untuk sumur kedua yaitu PTH-V-7B pada Rabu (1/6) lalu. Sebelumnya Geo Dipa telah selesai melaksanakan uji alir sumur pertama PTH-V-7A.

Uji alir sumur tersebut dilakukan sebagai proses pengukuran parameter fisik dan kimia, guna mengetahui kapasitas potensi masing-masing sumur panas bumi setelah dilakukan pemboran.

Dalam pelaksanaannya, GeoDipa memastikan seluruh warga masyarakat yang bermukim di sekitar wilayah kerja mengetahui dan memahami kegiatan uji alir sumur ini.

Sosialisasi uji alir sumur kepada masyarakat telah dilakukan di tiga kampung sekitar, yaitu Kampung Kendeng, Kampung Babakan, dan Kampung Pasirwaas yang terletak di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu pada Rabu (25/5) dan Jumat (27/5).

“Alhamdulillah, setelah dilakukan sosialisasi terus menerus, sekitar satu bulan sekali kita bertemu masyarakat sekalian silaturahmi. Jika terjadi keadaan darurat seperti gas release harus berlari berlawanan arah angin, atau mungkin karakteristik baunya seperti apa, itu mereka sudah mengerti,” kata Ahmad Riyan, Project Manager 2 PT GeoDipa Energi kepada wartawan, Jumat (3/6/2022).

Menurutnya, uji alir sumur kedua ini berlangsung secara aman dan terlaksana sesuai prosedur yang telah ditetapkan, dimulai sejak pukul 09.00 hingga pukul 13.00 WIB dengan kondisi cuaca cerah. Masyarakat sekitar wilayah kerja dikondisikan untuk berhenti beraktivitas selama beberapa jam.

“Saat ini pemerintah terus berupaya dalam memaksimalkan penggunaan energi bersih melalui pengembangan panas bumi. Salah satunya melalui pembangunan Proyek PLTP Patuha 2 dengan kapasitas 55 MW yang ditargetkan akan selesai pembangunannya pada tahun 2024,” papar Riyan.

Salah satu warga dengan profesi petani teh, Kosasih, mengaku dirinya bersama yang lain tidak masalah terkait kegiatan ini.

“Kegiatan ini sudah kedua kalinya dilakukan Geo Dipa. Kalau saya sih tidak masalah jika beberapa jam tidak ke kebun. Yang penting kami selamat dari potensi bahaya, kami maklum,” ucap Kosasih.***

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI