Bale Kota BandungPendidikan

Rektor UIN SGD Bandung Lantik 1.516 Wisudawan

Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si, melantik wisudawan ke-75 di Aula Anwar Musaddad, Minggu (22/9/19). by uin

CIBIRU, Balebandung.com – Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si, melantik 1.516 wisudawan ke-75 di Aula Anwar Musaddad, Minggu (22/9/19).

Dalam sambutannya Rektor bercerita, suatu ketika, seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah saw, “Wahai Rasulallah, tunjukkan kepadaku bagaimana caranya saya menambah dan meningkatkan kualitas ilmu saya?” Lalu Rasulullah saw. menjawab, jika kamu ingin menambah dan meningkatkan ilmu, maka tingkatkan ketakwaanmu kepada Allah SAW.

“Jika saya yang ditanya oleh mahasiswa tentang apa saja yang bisa meningkatkan kualitas ilmu, maka akan saya jawab teruslah kuliah, selesaikan S1, S2, dan S3. Tetapi Rasulullah menjawabnya dengan sangat tegas, jika kita ingin menambah ilmu pengetahuan, maka semakin bertakwalah kepada Allah. Ini sesuatu yang sangat luar biasa,” ujarnya.

Rektor menuturkan, ketakwaan seseorang, selain menambah kualitas dirinya di hadapan Allah SWT, juga menjadi pemicu utama meningkatnya ilmu pengetahuan. Semakin seseorang bertakwa kepada Allah, akan semakin meningkat semangatnya untuk mencari ilmu, karena semakin takwa akan merasa semakin rendah di hadapan Allah.

“Oleh karena itu, saya berpesan kepada seluruh wisudawan hari ini, baik S1, S2, maupun S3, bertakwalah kepada Allah SWT di mana pun dan kapan pun. Idealnya, semakin bertambah ilmu pengetahuan seseorang, harus semakin tinggi ketakwaannya kepada Allah SWT, buikan sebaliknya,” pesan Rektor.

Rektor menegaskan, ilmu pengetahuan akan berkorelasi dengan amal. Sedangkan amal merupakan indikator dari meningkatnya keimanan. Sementara orang yang imannya meningkat, akan berbanding lurus dengan meingkatnya akhlak. Itulah sebabnya, wisudawan UIN SGD Bandung yang notabene merupakan lulusan perguruan tinggi keagaam Islam harus mampu menunjukkan kearifan dan akhlak yang baik di hadapan masyalat.

“Ilmu yang didapatkan oleh lulusan UIN SGD Bandung, bukan sekedar harus bermanfaat bagi diri dan keluarnya, melainkan harus semakin bermanfaat bagi orang lain. Sebagaimana yang ditunjukkan Rasulullah SAW bahwa manusia terbaik yakni manusia yang bermanmfaat bagi orang lain. Inilah bagian terpenting dari Tridarma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat,” tegasnya.

Pada wisuda kali ini Rektor menetapkan wisudawan peraih pujian kelulusan dengan IPK tertinggi sebanyak 53 lulusan dan 4 wisudawan yang hafal 30 juz Al-Quran.***

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close