Bale Kota BandungEkonomi

Ridwan Kamil Siap Hidupkan Industri Keramik Kircon

 Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melukis di keramik saat Mapay Lembur ke Kec Kiaracondong, Jumat (30/9). by Meiwan Humas Pemkot Bandung
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melukis di keramik saat Mapay Lembur ke Kec Kiaracondong, Jumat (30/9). by Meiwan Humas Pemkot Bandung

KIARACONDONG – Kecamatan Kiaracondong dari dulu dikenal sebagai sentra industri kerajinan keramik Kota Bandung. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meninjau lokasi pembuatan keramik yang sudah ada di Kiaracondong selama 3 generasi itu, saat melakukan kegiatan Mapay Lembur ke kecamatan tersebut, Jumat (30/9/16).

“Tiap tempat atau kecamatan di Kota Bandung harus memiliki ciri khas tertentu, maksudnya dalam hal potensi ekonomi. Nah, sentra keramik turun-temurun ini jadi ciri khas Kiaracondong,” ucap walikota. Menurutnya, hal ini penting untuk membentuk ciri khas kawasan.

Tahun 2017 Ridwan akan memulai pengembangan sentra industri keramik dan destinasi wisata keramik tersebut di kawasan Kircon. Ia berencana menggunakan lahan milik Pemkot Bandung yang ada di tengah-tengah wilayah Kiaracondong. “Tanahnya kemungkinan di yang 3,5 ha atau tanah PJKA yang kosong. Kebetulan kita lihat juga ada yang kosong,” ungkapnya.

Ridwan menemukan industri ini memiliki potensi yang besar. Hanya saja masih memiliki kekurangan dari segi pemasaran. “Setelah saya datangi, kurang optimal dari sisi marketing. Tapi teknik pembuatannya keren, variasi produknya keren, ada orderan dari Perancis,” kata dia.

Untuk itu, ia akan meminta bantuan dari Kadin Kota Bandung agar membentuk pasar khusus untuk keramik. “Nanti nitip ke Kadin untuk membuat ekosistem ekonominya, dari pembiayaan, pelatihan, sampai memasarkannya,” urai Ridwan.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close