Senin, April 22, 2024
BerandaBale BandungTekan Prevalensi Katarak, Bupati Lantik Pengurus Komatda

Tekan Prevalensi Katarak, Bupati Lantik Pengurus Komatda

Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, SH,S.p.,M.Ip melantik jajaran Komite Mata Daerah (Komatda) Kab Bandung di Dome Bale Rame Soreang, Selasa (27/11/18). by Humas Pemkab

BALERAME – Sebagai upaya mendukung misi pembangunan Kabupaten Bandung di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan komitmen untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya organ mata, Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, SH,S.p.,M.Ip melantik jajaran Komite Mata Daerah (Komatda) Kabupaten Bandung di Dome Bale Rame Soreang, Selasa (27/11/18).

“Komatda Kabupaten Bandung ini adalah yang pertama di Indonesia, yang terbentuk dan di-support Komatnas pusat. Sinergitas ini harus dimanfaatkan untuk mendukung program pemerintah dalam hal pembangunan SDM, khususnya untuk menekan prevalensi katarak, gangguan penglihatan dan kebutaan,” ungkap Bupati.

Pembentukan Komatda merupakan respon pemerintah untuk mendukung upaya penanggulangan gangguan penglihatan dan kebutaan (PGP) di Kabupaten Bandung, secara komprehensif dan sinergis.

“Masalah kesehatan pada penglihatan, bukan saja pada lansia, tapi sudah mulai menyerang anak-anak. Apalagi masyarakat sekarang banyak yang kecanduan gawai, komputer atau laptop, cahaya dari layarnya kan bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata. Maka melalui Komatda ini saya harap akan ada berbagai program dan kegiatan positif yang membantu masyarakat kita mendapatkan informasi dan kemudahan layanan,” harapnya.

Bukan hanya Komatda yang bekerja, kata Bupati, upaya kerja sabilulungan dan langkah strategis untuk percepatan menekan prevalensi gangguan penglihatan dan kebutaan tersebut, harus dilakukan bersama sabilulungan antara pemerintah, swasta, LSM juga masyarakat dari berbagai unsur.

“Kinerja Komatda ini akan mendukung pemerintah dalam melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan penanggulangan gangguan penglihatan dan kebutaan di seluruh wilayah. Melakukan identifikasi, evaluasi dan memberikan solusi,” terang Dadang Naser.

Dirinya berharap pula, pembentukan Komatda di Kabupaten Bandung bisa mendukung program dan kegiatan pemerintah, terutama dalam upaya preventif dan promotif pencegahan dan penurunan angka kesakitan gangguan penglihatan hingga kebutaan.

“Saya harap prevalensi gangguan penglihatan masyarakat di Kabupaten Bandung bisa menurun, dengan kolaborasi berbagai elemen yang dimiliki Komatda,” pungkasnya. ***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI

spot_img