Bale CimahiEvent

Wagub Sarankan Bikin Pasar Film Nasional

Wagub Jabar Deddy Mizwar saat Pembukaan BIAF 2016 di Cimahi Technopark, Kamis (17/11). by Humas Pemprov Jabar
Wagub Jabar Deddy Mizwar saat Pembukaan BIAF 2016 di Cimahi Technopark, Kamis (17/11). by Humas Pemprov Jabar

CIMAHI – Helaran Baros International Animation Festival (BIAF) ke depan diharapkan bisa jadi bursa film animasi tingkat nasional. Soalnya forum seperti itu belum pernah ada di tanah air dan secara ekonomi prospektif untuk dikembangkan.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengungkapkan, pasar film nasional belum pernah ada di daerah manapun. Oleh karenanya, pelaksanaan Festival Animasi Cimahi sebaiknya tak hanya fokus pada penawaran dan transaksi film animasi, tapi juga film genre lainnya.

“Bukan tidak bisa hal itu dilakukan. Buktinya, kehadiran animator dunia saat ini begitu tinggi untuk mengikuti kegiatan festival animasi,” kata Wagub kepada wartawan usai Pembukaan BIAF 2016 di Cimahi Technopark, Kamis (17/11/16).

Menurutnya, sejak 2010 hingga 2016 kontribusi industri kreatif terhadap PDRB mencapai 7%. Selain itu, ada penyerapan tenaga kerja sebanyak 10,7% dari angkatan kerja. Aktivitas ekspor ekonomi kreatif Rp 118 triliun atau sekitar 5,7% dari ekspor nasional.

Itu artinya, potensi industri kreatif nasional memang luar biasa. Sehingga kehadiran BIAF memang sangat strategis dalam menggerakan perekomoian nasional. Akan tetapi, tukas Deddy, yang jadi persoalan adalah bukan persoalan teknologi, tapi kreatif konten yang local contentnya sangat terasa.

“Lihat betapa hebatnya film animasi lokal seperti Sopo Jarwo hingga diputar berulang-ulang. Begitu banyak nilai-nilai budaya yang bisa diangkat. Ekonomi kreatif yang paling mahal itu ide atau kreatifitasnya,” ujarnya.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close