Bale JabarHumanioraLingkungan

10 Ribu Pohon Hijaukan Ruas Tol Cikampek-Jakarta

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, foto bareng di sela penanaman pohon di sepanjang ruas tol Cikampek-Jakarta , Sabtu (26/3). by Tatang Humas Pemprov Jabar
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, foto bareng di sela penanaman pohon di sepanjang ruas tol Cikampek-Jakarta , Sabtu (26/3). by Tatang Humas Pemprov Jabar

KARAWANG – Sebanyak 10 ribu bibit pohon ditanam di sepanjang ruas tol Cikampek-Jakarta pada kilometer 47 hingga kilometer 71. Penanaman ini merupakan upaya penghijauan dan mencegah terjadinya banjir yang masuk menggenangi jalan tol. Sebab pohon yang ditanam adalah pohon mahoni, bintaro, bungur, tembesi dan kalpataru yang memiliki resapan air yang cukup tinggi dan berguna untuk mencegah longsor.

Penanaman dilakukan secara simbolis Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di kilometer 59+200 jalur tol menuju arah Bandung, Sabtu (26/3/16). Program penanaman pohon ini merupakan sinergi dari 70 BUMN melalui CSR-nya yang bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Gubernur Aher mengungkapkan, sinergi yang dilakukan antara Kementerian BUMN dan Lingkungan Hidup dan Kehutanan sangat tepat, sebab keduanya mempunyai peranan yang sangat penting dalam melestarikan lingkungan. Menurut Aher, salah satu ujung dari seluruh proses pembangunan adalah pelestarian lingkungan dan daya dukung alam yang berkelanjutan, Sebab semakin bertambahnya jumlah penduduk dan padatnya suatu daerah memerlukan daya dukung alam yang memadai.

“Tentu ini sangat tepat, BUMN bersinergi dengan LHK karena keduanya punya peranan penting dalam pelestarian lingkungan,” kata gubernur.

Aher berharap BUMN yang beroperasi bahkan berkantor pusat di wilayah Jawa Barat agar 20% program CSR-nya terutama penghijauan di ruas tol dilakukan di Jabar.

“60 persen tol di Indonesia itu ada di Jawa Barat. Jadi kalau ada CSR dari BUMN minimal 20 persennya dilakukan di Jawa Barat,” sebutnya.

Sementara Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan, penanaman pohon di ruas tol merupakan solusi mengatasi lahan kritis di Indonesia. “Saat ini ada 5,5 juta hektare luas lahan kritis di Indonesia. Karena itu diperlkukan 22 miliar bibit pohon untuk mengatasi lahan kritis,” ujar Siti.

Oleh sebab itu Menteri BUMN Rini Soemarno meminta kepada BUMN untuk membantu masyarakat yang membutuhkan penghijauan lingkungan. “Saya juga berharap penghijauan tidak hanya di sekitar tol, tapi juga di pelabuhan, bandara dan tempat-tempat lain,” ucap Rini.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close