Minggu, April 14, 2024
BerandaBale Jabar550 Burung Liar Dilepas ke Alam Bebas

550 Burung Liar Dilepas ke Alam Bebas

Wagub Jabar Deddy Mizwar melepas burung liar di Tahura Dago Pakar, Selasa (25/7). by Humas Pemprov Jabar
Wagub Jabar Deddy Mizwar melepas burung liar di Tahura Dago Pakar, Selasa (25/7). by Humas Pemprov Jabar

BANDUNG – Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Budi Susatijo mengatakan, pihaknya terus mengkampanyekan pelestarian burung liar di Jawa Barat. Pun kampanye disosialisasikan terhadap para pedagang, dan penangkar. Selain itu Dishut Jabar juga mengajak masyarakat untuk menanam pohon pakan burung.

Maka kegiatan pelepasan burung liar yang dilakukan Dishut Jabar merupakan bagian dari upaya pelestarian satwa yang diantaranya terancam kepunahan. “Termasuk burung-burung endemis yang beberapa diantaranya juga terancam karena diburu dan habitatnya dirusak,” ungkap Budi saat Rakor Forum Pelestari dan Peduli Burung-burung Liar, dan Kampanye Pelepasan Burung Liar di Tahura Dago Pakar, Selasa (25/7/17)

Adapun jenis-jenis yang dilepas diantaranya cicak daun, jalak, kutilang, toet, dan merpati. Ada juga jalak kebo, anis caing, jogjong, peking, tikukur. “Ada 550 ekor burung liar yang dikembalikan ke habitatnya di alam bebas. 25 ekor diantaranya sumbangan dari pusat penangkaran burung di Kabupaten Bogor,” sebutnya.

Direktur konservasi Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Bambang Darma Adji berharap, kegiatan kampanye satwa liar bisa terus menggerakan masyarakat untuk ikut peduli menjaga kelestariannya.

Menurut Bambang Kementerian KLHK menargetkan pelepasan burung yang dilindungi mencapai jutaan ekor. Kementerian memiliki sejumlah program konservasi, salah satunya penangkaran burung untuk mendukung pelestarian burung liar.

“Semoga dengan kepedulian terhadap burung liar ini bisa mensejahterakan masyarakat tanpa harus mengambil (satwa liar) dari alam,” kata Bambang.

“Kami punya aturan untuk para penangkar harus memberikan 10 persen dari jumlah penangkaran pada pemerintah,” imbuhnya.

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI