Bale BudayaBale JabarHumaniora

Adelaide Festival Center Tawarkan Kerjasama Seni Budaya

Wagub Jabar Deddy Mizwar menerima Chairman Adelaide Festival Center Michael Abbott di ruang kerjanya, Selasa (13/12) by Humas Pemprov Jabar
Wagub Jabar Deddy Mizwar menerima Chairman Adelaide Festival Center Michael Abbott di ruang kerjanya, Selasa (13/12) by Humas Pemprov Jabar

BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menerima Chairman Adelaide Festival Center Michael Abbott di ruang kerjanya, Selasa (13/12/16) untuk menawarkan beberapa kerjasama di bidang seni dan budaya.

Pada pertemuan tersebut terungkap, Adelaide Festival Center tertarik untuk membantu pembangunan Gedung Kesenian Jawa Barat bertaraf internasional yang berlokasi di Cikutra Kota Bandung yang saat ini masih dalam tahap Detail Engineering Design (DED). Deddy mengatakan pihak Adelaide Festival Center bahkan tertarik untuk mengisi di event rutin Jabar seperti Gotrasawala, Bidaf maupun Eco Music Camp.

“Art Center Jabar sedang dalam proses perancangan oleh arsitek ITB. Kalau DED-nya sudah jadi, nanti tim ahli dari Australia bisa datang lihat langsung lokasi,” kata Wagub.

Dia pun mengaku senang bila seniman dari Australia akan mengisi di event rutin Jabar seperti Gotrasawala, Bidaf maupun Eco Music Camp. “Silahkan, akan kami promosikan di event-event kami,” ucapnya.

Wagub juga berkata kepada Abbott bahwa Jabar akan membangun Geo Theater di bentangan Karst Citatah Kabupaten Bandung Barat. Selain bidang seni dan budaya, Deddy pun berharap kerjasama bisa dijalin dalam bidang kepariwisataan.

“Saya kira kita bisa lebih meningkatkan kerjasama selain seni dan budaya. Pengamatan kami di Bali banyak sekali turis Australia kenapa tidak datang ke Jabar juga, di sini banyak sekali potensi wisata yang menarik,” ujarnya.

Chairman Adelaide Festival Center Michael Abbott mengatakan Adelaide Festival Center merupakan pusat pertunjukan seni dan budaya ternama di Kota Adelaide Australia Selatan yang sudah ada sejak 40 tahun yang lalu dan sering menampilkan artis juga seniman dari seluruh dunia seperti halnya Opera House di Sydney.

“Kami ingin informasi tentang pembangunan gedung kesenian itu, kami akan senang hati membantu dalam bentuk apapun karena kami sudah berpengalaman,” ungkap Abbott.

Menurut Abbott, bila Jawa Barat ingin menjadi pusat seni dan budaya di Indonesia harus mengadakan event rutin setiap minggunya dengan didukung oleh gedung pertunjukan yang representatif. “Kalau Jawa Barat ingin jadi ibu kota seni budaya di Indonesia maka harus perbanyak event,” sarannya.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close