Bale JabarOlahraga

Aher Lepas 1945 Atlet Jabar Pejuang PON XIX/2016

Ketua Umum PB PON XIX & Peparnas XV 2016 Ahmad Heryawan melepas 1945 atlet Kontingen Jabar Kahiji, di GOR Padjadjaran Bandung, Rabu (7/9). by Humas Pemprov Jabar
Ketua Umum PB PON XIX & Peparnas XV 2016 Ahmad Heryawan melepas 1945 atlet Kontingen Jabar Kahiji, di GOR Padjadjaran Bandung, Rabu (7/9). by Humas Pemprov Jabar

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat sekaligus Ketua Umum Panitia Besar (PB) PON XIX & Peparnas XV 2016 Ahmad Heryawan melepas 1945 atlet Kontingen Jabar Kahiji, di GOR Padjadjaran Bandung, Rabu (7/9/16).

Jumlah tersebut terdiri dari 671 atlet putra, 471 atlet putri, 272 pelatih Jabar,15 pelatih asing, 38 tim mekanik, 57 menejer, juga sebanyak 398 pendukung lainnya. Dengan penuh haru dan menggebu, Aher memotivasi para atlet untuk menyatukan niat, mengokohkan tekad mewujudkan ‘Jabar Kahiji’.

“Para atlet sekalian, dengan menjadi tuan rumah (PON), tentu semua mata saat ini menyoroti Jawa Barat. Oleh karena itulah, kita harus terus percaya diri, dengan terus berlatih mengokohkan kemampuan teknis kita, mengokohkan mental kita, mengokohkan tekad kita, dalam bahasa sunda ‘saniat, satekad, satujuan ngawujudkeun ‘Jabar Kahiji’,” kata Aher.

Menurutnya para atlet harus sungguh-sungguh dengan semangat penuh meraih gelar juara umum bagi Jabar. Sebab hasil yang akan dibawa kelak, bernilai sebuah kehormatan bagi Jabar. Terutama predikat yang diraih akan menjadi sebuah kebanggaan bagi masyarakat Jabar.

Pun berbagai persiapan, juga telah dilakukan oleh segenap jajaran PB PON ke XIX & Peparnas XV tahun 2016, terutama dalam sektor fasilitas yaitu sarana dan prasarana pertandingan sebagai tuan rumah penyelenggara.

Selain itu, sosialisasi kegiatan PON juga telah dan senantiasa digelorakan tak hanya di Jabar saja, namun juga hingga ke luar daerah Jabar. Tujuannya tentu saja tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menggalang dukungan dari seluruh pihak, demi suksesnya perhelatan olahraga nasional 4 tahunan ini.

“Kini saatnya giliran kontingen PON Jawa Barat untuk turut memuluskan seluruh target yang dicanangkan. Tugas para atlet dan official sekarang untuk berkompetisi dengan sebaik-baiknya dan berprestasi demi nama baik Jawa Barat untuk mencapai ‘sukses prestasi’,” kata Aher. “Ingatlah! lebih dari 46 juta masyarakat Jawa Barat menggantungkan harapannya pada Anda, para atlet andalan Jawa Barat,” serunya.

Di samping itu, Aher pun menyadari meraih Juara Umum di PON menghadapi kontingen dari provinsi lain pada skala nasional bukanlah tugas yang mudah. Akan tetapi, dirinya yakin dan percaya, para atlet sudah sangat siap dan dapat mengemban amanah masyarakat Jabar untuk meraih target juara umum.

Aher mengingatkan, target Juara Umum janganlah dianggap sebagai beban, melainkan target tersebut merupakan motivasi untuk berkompetisi dengan sebaik mungkin dan keluar menjadi Juara Umum PON 2016.

Aher juga menghimbau para atlet untuk bertanding dengan sportif, dan mengutamakan fairplay. Karena meskipun dituntut untuk menang, namun bukan berarti harus pula menghalalkan segala cara. Menurutnya, kejujuranlah yang akan membawa sebuah kehormatan.

Selanjutnya Aher memberikan apresiasinya atas berbagai upaya yang telah dilakukan Jajaran KONI Jabar, beserta jajaran pengurus setiap cabang olahraga, dalam kerangka pembinaan para atlet PON Jabar, dimulai dari seleksi pemain, rekruitmen tim pelatih terbaik, pengembangan tim baik dari segi teknik, skill, fisik, strategi serta mental melalui berbagai kegiatan seperti pelatihan, try out, komparasi dan sentralisasi hingga ke luar negeri.

“Berbekal pembinaan tersebut, Saya yakin dan percaya bahwa segenap atlit, tim pelatih dan jajaran official tidak hanya sekedar telah siap, tetapi juga mampu menunjukkan performance terbaiknya pada setiap pertandingan yang akan dilaksanakan, guna meraih prestasi yang membanggakan,” kata dia.

Sementara itu Ketua Umum KONI Jabar Ahmad Saefudin menyatakan, sejak perhelatan PON 2012 di Riau, performance atlet Jabar terus digenjot. Selama lebih dari tiga tahun, proses peningkatan kualitas atlet ditempuh melalui berbagai macam pelatihan. “Kita (Jabar) cukup berpeluang menjadi yang terbaik,” ucapnya.

“Pelatihan, sentralisasi dalam – luar negeri, try out dalam – luar negeri, berbagai fasilitas, peralatan, merupakan bagian penting yang Koni Jabar usahakan,” sebut Ahmad. Sementara perolehan medali emas yang menjadi target kontingen Jabar untuk diraih, yakni sebanyak 24% dari 756 medali emas.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close