Bale Kab BandungHumanioraLingkungan

Aher Resmikan Kantor Desa di Hulu Citarum; “Om Tanam Pohon, Om!”

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan bersama Bupati Bandung Dadang Naser meresmikan Kantor Desa Cibeureum. Kec Kertasari, Kab Bandung, sambil kampanyekan 'Om Tanam Pohon Om.' Rabu (28/12). by Humas Pemprov Jabar
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan bersama Bupati Bandung Dadang Naser meresmikan Kantor Desa Cibeureum. Kec Kertasari, Kab Bandung, sambil kampanyekan ‘Om Tanam Pohon Om.’ Rabu (28/12). by Humas Pemprov Jabar

KERTASARI – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bersama Bupati Bandung Dadang M Naser meresmikan Kantor Desa Cibeureum di Jl. Lapangsari No. 19, Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Rabu (28/12/16).

Desa Cibeureum adalah salah satu desa di Kab Bandung yang terletak di kawasan hulu Sungai Citarum dan termasuk dalam kawasan strategis provinsi. Sebagian besar area Kecamatan Kertasari merupakan kawasan pegunungan. Namun, saat ini sebagian lahannya sudah beralih fungsi menjadi kawasan lahan pertanian untuk beberapa tanaman semusim.

Untuk itu, pada kesempatan ini Aher bersama Bupati Bandung, Kepala Desa Cibeureum, Camat dan Muspika Kertasari melakukan penanaman pohon bersama sebagai bagian dari program restorasi hulu Sungai Citarum.

Aher pun mendorong masyarakat Desa Cibeureum serta seluruh masyarakat Kecamatan Kertasari agar mengubah pola tanam, khususnya tanaman untuk lahan di kawasan miring atau pegunungan dengan tanaman tegak, seperti pohon kopi, pohon kina, atau tanaman lainnya.

“Om tanam pohon, Om!” kata Aher usai acara peresmian sambil dirinya memegang secarik kertas bertuliskan kalimat tersebut bersama Bupati Bandung di hadapan awak media. “Bagus ya ini buat dikampanyekan. Asalnya Om telolet Om, jadi Om tanam pohon Om!” selorohnya.

Lebih lanjut, Aher juga menekankan dan mengajak masyarakat di kawasan pedesaan agar tidak mudah menjual lahannya. Lahan adalah sumber kemakmuran dan kemajuan masyarakat, selain ilmu pengetahuan.

“Saya meminta kepada masyarakat supaya ketika memiliki lahan jangan dijual, sebab dialah sumber kemakmuran kita. Di desa-desa lahan itu sumber kemakmuran,” kata Aher dalam sambutannya.

Kabupaten Bandung memiliki 270 desa dan 10 kelurahan. Bupati Bandung Dadang M Naser dalam kesempatan ini mengatakan, masyarakat desa di wilayahnya harus mengubah pola pikir tentang pemanfaatan lahan di desa.

“Konsepnya kita ubah, dibuat hutan rakyat, tapi bisa tanam pertanian dengan tentram, tapi hutan tetap terjaga. Jangan sampai kejadian di Cimanuk Kabupaten Garut terjadi di Kabupaten Bandung dengan kondisi gunung gundul seperti ini,” kata Dadang.

Senada dengan Aher, Dadang juga mengajak masyarakat untuk kembali menghijaukan kawasan hutan yang saat ini sudah jadi lahan tanaman semusim, seperti tanaman bawang dan sayuran.

Hayu urang sasarengan ngahejokeun leuweng. Leuweng hejo rakyat ngejo, leuweung rusak rakyat balangsak (Mari kita hijaukan hutan. Hutan hijau rakyat bisa makan, hutan rusak rakyat melarat),” seru Dadang.

Desa Cibeureum merupakan salah satu desa yang telah mendapat anggaran APBN hingga Rp 850-an juta. Sementara kantor desa yang diresmikan gubernur ini merupakan kantor desa pengganti yang sebelumnya rusak akibat gempa. Peletakan batu pertama kantor desa ini dilakukan pada 2012 silam.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close