Bale Jabar

Antisipasi Covid 19, Pemkab Sumedang Siapkan Rp20 Miliar

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat jumpa pers penyebaran COVID 19 di Gedung Negara Sumedang, Jumat (20/3) petang. ist

SUMEDANG, Balebandung.com – Pemerintah Kabupaten Sumedang menyatakan situasi dan kondisi terkait penyebaran COVID 19 hingga Jumat (20/3/20), relatif terkendali.

“Namun demikian kami tetap waspada dan bekerja keras melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 secara terstruktur, sistemik dan massif, dengan melibatkan multistakeholders,” kata Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat konferensi pers di Gedung Negara Sumedang, Jumat (20/3) sore.

Lebih lanjut bupati memaparkan hingga kini di Sumedang tidak ada yang positif COVID 19. Sementara untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada satu orang dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada 30 orang.

“Untuk ODP ada pengurangan 21 orang. Keterangannya adalah 26 orang keluar dari pemantauan dan 5 orang baru masuk dalam pemantauan (TKI) tiga orang, dan mahasiswa pulang dari luar negeri dua orang,” sebut Dony.

Bupati juga mengungkapkan Pemkab Sumedang telah menerima bantuan alat kesehatan untuk pencegahan penyebaran COVID 19 dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. Antara lain berupa Alat Pelindung Diri (APD) 32 set, yakni untuk RSUD 22 set dan Dinkes 10 set. APD yang sudah tersedia di RSUD 129 set (eksisting).  “Jadi, total APD yang siap digunakan di RSUD ada 161 set,” ujar Dony.

Pihaknya pun saat ini sedang melaksanakan pengadaan alat kesehatan untuk pencegahan penyebaran COVID-19 bersumber dari Belanja Tidak Terduga (BTT).

“Semua alat kesehatan yang dibutuhkan saat ini sedang dalam proses pengiriman. Mudah-mudahan dalam waktu satu hingga dua hari ke depan sudah tersedia dan dapat digunakan,” kata Dony. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close