Bale Kota Bandung

Antisipasi Pasien Suspect Corona, RSHS Bandung Terapkan 4 Ring Layanan

BANDUNG, Balebandung.com – Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS)  Bandung menyiapkan sejumlah strategi dalam menghadapi penanganan virus Corona atau Covid 19. Terlebih lagi saat ini RSHS sudah menangani 12 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait Covid 19.

Direktur Utama RSHS Bandung dr Nina Susana Dewi mengatakan, dengan banyaknya pasien positif Corona pasca diumumkan oleh pemerintah, pihaknya menyiapkan strategi dalam penanganan maupun strategi bagi pengunjung dan petugas RSHS.

“Untuk pelayanan kepada pasien, RSHS telah menyiapkan ruang isolasi. Ada dua ruangan isolasi yang berisi lima tempat tidur dengan komposisi sarana prasarana yang lengkap,” jelas dr Nina kepada wartawan di RSHS Bandung, Rabu (11/3/20).

Untuk mengantisipasi lonjakan pasien suspect Corona ini, RSHS telah menyiapkan strategi khusus dengan menggunakan strategi ring.

Di Ring 1, RSHS menyiapkan Ruang Isolasi Infeksi  Khusus Kemuning (RIIKK).  “Apabila ring satu penuh, RSHS akan menggunakan ruang non ventilator. Ruang tersebut masih berdekatan dengan RIIKK,” kata Nina.

Sedangkan Ring 2, pihaknya  akan  menggunakan ruang isolasi non ventilator. Namun abila ring satu dan dua penuh, tukas Nina, pihaknya menyiapkan dua tempat lagi, yakni Ring 3 dan Ring 4.

“Apabila Ring Dua penuh, kami akan pindah di HCU di situ juga masih di lingkungan Ruang Kemuning di mana ada tujuh tempat tidur,” kata dia.

Bila Ring 2 juga penuh dan masih membutuhkan ruangan isolasi, pihaknya akan menggunakan Ring 4 di Ruang IGD di mana ada 5 tempat tidur.

Nina mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik dengan adanya Virus Corona ini. Sebab pihaknya juga telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengantisipasi hal tersebut.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close