Rabu, Oktober 20, 2021
BerandaBale BandungBakesbangpol Jadi Instansi Vertikal Kemendagri

Bakesbangpol Jadi Instansi Vertikal Kemendagri

Kaban Kesbangpol Kab Bandung Iman Irianto.
Kaban Kesbangpol Kab Bandung Iman Irianto.

SOREANG – Badan Kesbangpol menjadi instansi vertikal di bawah Kemendagri, seiring akan disahkannya Rancangan Peraturan Pemerintah (PP) tentang pelaksanaan pemerintahan umum.

Nomenklatur instansi vertikal itu menjadi Direktorat Kesbangpol dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum Kemendagri) wilayah provinsi, begitu juga untuk wilayah kabupten/kota. Jadi, nantinya jabatan Kaban Kesbangpol berubah menjadi Direktur Kesbangpol dan Pemerintahan Umum.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Bandung Iman Irianto Sudjana mengaku pihaknya kini sedang dalam persiapan untuk menjadi instansi vertikal Kemendagri. “Saat ini kami masih melakukan pendataan pegawai. Data pegawai Bakesbangpol ini nantinya jadi PNS pusat. Pendataannya harus tuntas Maret 2016,” kata Iman kepada Balebandung.com, Rabu (6/4/16).

Setelah PP ditandatangani Presiden bulan Maret 2016, akan disusun aturan turunannya, terkait dengan kelembagaan, personil, dan aset. Aturan teknis ini berbentuk Peraturan Presiden dan Peraturan Mendagri. Targetnya, pada April 2016 sudah mulai membahas penyiapan anggaran untuk tahun 2017.

“Jadi, per 1 Januari 2017, Badan Kesbangpol dan Pemerintahan Umum Provinsi dan Kabupaten/Kota sudah efektif sebagai instansi vertikal di bawah Kemendagri,” pungkas Iman. [iwa]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI