Bale Kab Bandung

Bank bjb Soreang Sosialisasikan Digi Cash

Kepala Bank Bjb Cabang Soreang, Kab Bandung, Jadi Kusmaryadi. by iwa/bbcom

SOREANG, Balebandung.com – Pemanfaatan Quick Response Indonesian Standar (QRIS) kini semakin diperluas. Sebagai alat pembayaran, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank bjb) menilai penggunaannya relatif lebih aman, mudah, dan praktis. Karenanya Bank bjb meluncurkan uang elektronik berupa Digi-Cash.

Kepala Bank bjb Cabang Soreang Kabupaten Bandung, Jadi Kusmaryadi mengungkapkan pihaknya tengah mensosialisasikan produk Digi Cash ini. Untuk tahap awal, kata Jadi, pihaknya akan mensosialisasikan Digi Cash ini di kalangan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Bandung.

“Dalam waktu dekat kami akan sosialisasikan produk Digi Cash ini sebagai tahap awal di kalangan PNS di Pemda Kabupaten Bandung dulu, seiring diterapkannya kewajiban transaksi non tunai (TNT) di Pemkab Bandung,” ungkap Jadi kepada TIMES Indonesia, Rabu (17/6/2020).

Jadi menambahkan Digi Cash ini bisa dimanfaatkan bagi setiap orang secara perorangan baik nasabah maupun non nasabah Bank bjb karena tidak perlu membuka akun tabungan terlebih dahulu. Digi Cash juga bisa digunakan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta ritel.

“Penggunaan QRIS ini bisa mempermudah transaksi. Kami akan terus melakukan memperkuat layanan dan melakukan penetrasi ke masyarakat untuk inklusi keuangan yang ujungnya akan menggerakkan perekonomian, Ini sesuai dengan program Bapak Bupati Bandung untuk melakukan recovery ekonomi di masa pandemi Covid-19 ini,” jelas Jadi. Ia mengakui tantangannya adalah melakukan penetrasi kepada masyarakat untuk dapat menerima produk Digi Cash ini

“Memang tidak mudah untuk mengenalkannya kepada masyarakat, tapi kita akan terus sosialsasikan, karena suka tidak suka dunia perbankan ini akan mengarah ke digital banking,” tandasnya.

Menurut Jadi, pemahaman memadai terkait teknologi QRIS itu relatif penting agar kelebihan teknologi alat bayar teranyar tersebut dapat terbentuk. Sehingga, pengguna bisa mengetahui tata cara penggunaan QRIS serta memanfaatkannya untuk keperluan transaksi sehari-hari hanya dengan men-scan barcode dengan Digi Cash.

Penerapan teknologi QRIS sebagai salah satu medium transaksi merupakan sebuah keniscayaan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin menuntut kemudahan. Sebagai alat transaksi yang terintegrasi secara nasional, QRIS menawarkan pengalaman bertransaksi dengan jaminan keamanan dan kenyamanan kepada setiap pengguna.

“QRIS merupakan perangkat hasil inovasi yang dikembangkan dengan tujuan untuk semakin memberi kemudahan dan perluasan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat. Ini sesuai dengan upaya penetrasi literasi dan inklusi keuangan yang senantiasa dijalankan perseroan, Bank bjb terus berinovasi demi mempermudah aksesibilitas terhadap fasilitas keuangan agar masyarakat dapat mengambil manfaat secara lebih optimal dari produk dan layanan,” papar Jadi.

Lebih lanjut Jadi menjelaskan QRIS merupakan fitur pembayaran uang elektronik terbaru berbasis smartphone dan sangat mudah digunakan yakni hanya dengan mengunduh melalui aplikasi yang sudah terstandarisasi. Kodifikasi itu merupakan satu-satunya QR code yang berlaku di Indonesia dan dikembangkan Bank Indonesia (BI) serta Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). Penciptaan QRIS bertujuan untuk mendukung interkoneksi instrumen sistem pembayaran yang lebih luas serta mengakomodasi kebutuhan transaksi keuangan secara nasional.

Sebagai pionir dalam berinovasi, Bank bjb telah mengadopsi layanan QRIS yang hingga saat ini terus dikembangkan agar bisa dimanfaatkan secara lebih optimal. Layanan QRIS Bank bjb merupakan transaksi pembayaran pada merchant dengan mekanisme pembayaran menggunakan QR code serta menggunakan sumber dana uang elektronik berbasis server seperti Ovo, Gopay, ShopeePay, dan lainnya.

Untuk itu, BJB juga terus mengembangkan dan memperkuat layanan Digi Cash yang merupakan uang elektronik berbasis server milik perseroan. Layanan Digi Cash merupakan layanan yang dapat digunakan nasabah maupun nonnasabah BJB dengan memanfaatkan teknologi berbasis mobile application dengan fungsi multiguna.

Perangkat bayar digital ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi perbankan seperti isi ulang saldo, pengecekan saldo, transfer ke sesama pengguna dan ke rekening Bank bjb, pembayaran PBB dan e-Samsat Jabar, pembelanjaan di merchant dengan menggunakan layanan QRIS, serta fitur transaksi lainnya yang akan dikembangkan, tanpa harus melakukan pembukaan rekening Bank bjb.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close