Bale Kota BandungEkonomi

Bank Sampah Bandung Tawarkan Bayar Listrik Pakai Sampah

Bank Induk Sampah Kota Bandung
Bank Induk Sampah Kota Bandung

BANDUNG – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Hijau Lestari dibantu PT PLN (Persero) menciptakan Bank Sampah di Kota Bandung. Bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional, PLN dan LSM Hijau Lestari, meresmikan Bank Induk Sampah Kota Bandung, di Jalan Ahmad Yani No 757, Selasa (21/2/17).

Bank Sampah adalah upaya mendaur ulang sampah-sampah rumah tangga yang non organik. PLN dan LSM Hijau Lestari menawarkan mekanisme menabung sampah di bank sampah untuk pembayaran kebutuhan listrik dengan sampah.

“Mekanismenya seperti itu. Cukup mudah. Cukup nabung sampah, biaya listrik sudah terbayar,” papar Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali kepada wartawan saat peresmian Induk Bank Sampah di Jalan Ahmad Yani Bandung.

Ali menjelaskan mekanisme pembayaran listrik menggunakan sampah yakni warga membawa sampah ke Bank Sampah lalu ditimbang. Setelah itu berat sampah yang ditimbang dinominalkan dalam bentuk uang. Nominal itu kemudian dimasukkan ke rekening Bank Sampah yang sudah dimiliki warga.

“Uang tersebut, bisa digunakan antara lain untuk membeli pulsa Token, membayar PLN ataupun kepentingan yang lain.” ujarnya.

Dirinya menambahkan dengan adanya pembayaran rekening listrik dengan sampah diharapkan bisa memacu semangat warga untuk lebih giat mengumpulkan sampah dilingkungannya dan peduli lingkungan sekitar.

Bank Sampah Induk Bandung sendiri merupakan pengembangan dari Bank Sampah LSM Hijau Lestari yang bergerak untuk mengubah mindset masyarakat tentang pemanfaatan sampah terutama sampah rumah tangga. Kini, Bank Sampah Hiijau Lestari telah memiliki 131 unit bank sampah di 54 kelurahan di Kota Bandung.

Ketua LSM Hijau Lestari Elis Solihat mengatakan ini adalah wujud komitmen dalam pelestarian lingkungan dan pengelolaan sampah di Kota Bandung.“Kami berusaha memasyarakatkan keberadaan Bank Sampah sebagai salah satu solusi dari permasalahan lingkungan. Dengan adanya bantuan berupa pembangunan sarana dan prasarana dari PLN ini tentunya menjadi energi yang positif bagi kami .” terang Elis.

Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial yang meresmikan induk Bank Sampah mengapresiasi dan berharap hal ini bisa ditularkan sebagai wujud kepedulian terdap masalah sampah di Kota Bandung.

“Saya atas nama Pemkot Bandung memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada kita semua pihak termasuk PLN peduli sehingga bank sampah bisa ada.” ujar Oded.

“Harapannya semoga Bank Sampah Induk ini yang digagas dan diprakarsai Hijau Lestari ini, bisa menjadi role model, untuk warga masyarakat yang lainnya, untuk terus berkerja terhadap penanganan sampah,” imbuhnya.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close