Bale JabarPamong

Basarnas dan BMKG Kerjasama Data Cuaca, Iklim dan Kegempaan

Kepala Kantor SAR Bandung Riyadi bersama Kepala BMKG Jabar Tony Agus Wijaya saat penandatangan kerjasama dengan BMKG di Kantor SAR Bandung, Jumat (16/6). by ist
Kepala Kantor SAR Bandung Riyadi bersama Kepala BMKG Jabar Tony Agus Wijaya saat penandatangan kerjasama dengan BMKG di Kantor SAR Bandung, Jumat (16/6). by ist

CIMANGGUNG – Badan SAR Nasional Kantor SAR Bandung bekerjasama dengan BMKG dalam hal data cuaca, iklim serta kegempaan. Kepala Kantor SAR Bandung Riyadi mengatakan kerjasama antara dua lembaga ini sebagai langkah operasi SAR dengan dukungan perkembangan iklim.cuaca serta kegempaan.

“Data BMKG ini sangat mendukung tugas kami sebagai Basarnas, terlebih saat operasi SAR,” jelas Riyadi usai penandatangan kerjasama dengan BMKG di Kantor SAR Bandung Jalan Raya Bandung-Garut, Desa Sindang Pakuon, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jumat (16/6/17).

Riyadi menambahkan, dengan adanya penandatangan kerjasama ini, diharapkan suplai data secara maksimal dari BMKG. “SAR itu bergerak menolong, namun juga harus memperhatikan cuaca saat itu, sehingga kita perlu pastikan data update cuacanya,” terangnya.

Kepala BMKG Jabar Tony Agus Wijaya memaparkan kerjasama ini untuk lebih menguatkan penyediaan data cuaca, iklim dan kegempaan kepada Basarnas. “Operasi SAR baik di darat, laut dan jalur penerbangan, data dari kami sangat dibutuhkan. Sehingga kita perlu penguatan dalam kerjasama ini,” kata Tony. Ia menyebut contoh, bahwa BMKG berperan saat operasi SAR kecelakaan pesawat Air Asia di Kalimantan.

“Pijakan dari BMKG ini sangat perlu, di mana informasi dari kami, mengenai kapal bergerak, heli mendarat dan sebagainya, itu menjadi rujukan dari kami ke Basarnas,” pungkasnya.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close