Bale Kab Bandung

Bupati Bandung Akan Bangun Taman Giri Harja

Kang DS dengan Dalang Dadan Sunandar Sunarya.

BALEENDAH, Balebandung.com — Salah satu yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung, adalah Kesenian Wayang Golek yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity di tahun 2003 lalu. Dan berhasil diperkenalkan ke seluruh dunia sebagai Kebudayaan Asli Sunda, oleh almarhum dalang kondang, H. Asep Sunandar Sunarya.

Pengakuan dari UNESCO itu, dikatakan Bupati Bandung terpilih, H. M. Dadang Supriatna, akan diapresiasikan melalui pembangunan Taman Giri Harja, yang memang merupakan bagian dari visi misinya selama kampanye. Dan akan direalisasikan setelah pelantikan di masa 99 hari kerja.

“Rencananya di tahun 2021 ini, kita akan membuatkan Feasibikity Study dan Detail Engineering Design,” katanya di Padepokan Wayang Golek Giri Harja 3 di Jelegong Ciparay, Rabu kemarin (21/4/2021).

Dia mengkuatirkan eksistensi Wayang Golek Giri Harja di klaim daerah lain. Untuk itu perlu segera dilakukan tindakan pembangunannya yang bisa membuktikan kalau Wayang Golek merupakan ikon budaya Kabupaten Bandung.

Bahkan sebelumnya Kang Kang DS dan Sahrul Gunawan (BEDAS) mengakui, kalau pelestarian seni budaya daerah merupakan program prioritas kerjanya yang perlu diimplementasikan secara signifikan.

Sebab pelestarian dan keutuhan seni budaya daerah, dikemukakannya, merupakan tanggung jawab semua. Untuk itu semua lapisan masyarakat mempunyai kewajiban agar dapat menjaga dan melestarikannya.

Sementara untuk lebih mengenalkan seni budaya daerah, dia mengharapkan adanya keterlibatan langsung pelaku seni budaya, tokoh seni budaya, pemerintah, agar mau turut menjaga dan melestarikan seni budaya.

“Kalau tak kenal maka tak sayang, demikian juga dengan seni budaya kita sendiri. Sudah menjadi kewajiban kita untuk diketahui anak usia dini, diterapkan di sekolah, dilakukan dalam keseharian melalui obrolan dan prilaku, sebab Negara yang besar itu yang bisa menghargai budayanya sendiri,” ujar dia.

Di Taman Giri Harja itu, dia menuturkan, akan dibangun juga Shomroom serta Galery, termasuk workshop cara pembuatan wayang golek serta Les Privat bagi masyarakat yang berkeinginan menjadi Dalang. Dan ruang pagelaran Wayang Golek juga Kesenian Daerah lainnya. @fattah.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close