Selasa, November 29, 2022
BerandaBale JabarBupati Sumedang Minta 300 Ribu Benih Cengek ke Coca-Cola

Bupati Sumedang Minta 300 Ribu Benih Cengek ke Coca-Cola

Bupati Sumedang Eka Setiawan (pakai topi) saat mengunjungi pabrik PT CCAI di Jl Raya Bandung-Garut, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Senin (20/2). by agnes CCAI
Bupati Sumedang Eka Setiawan (kedua dari kiri) saat mengunjungi pabrik PT CCAI di Jl Raya Bandung-Garut, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Senin (20/2). by agnes CCAI

SUMEDANG – Bupati Sumedang Eka Setiawan meminta agar PT Coca Cola Amatil Indonesia (CCAI) menyiapkan bibit cabe rawit atau cengek untuk disebar ke setiap desa di wilayah Kabupaten Sumedang. Bupati menyampaikan permintaannya itu saat mengunjungi Pabrik CCAI di Jl Raya Bandung-Garut, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Senin (20/2/17).

Menurut bupati meroketnya harga cengek sudah menjadi problem nasional tak terkecuali Sumedang pun terkena imbasnya. Karena itu ia berharap agar pihak industri atau swasta turut berkontribusi dalam rangka meringankan beban masyarakat akan kebutuhan cengek.

“Ya, kebetulan kan Coca Cola ini punya program Coca Cola Forest atau Green House. Mereka punya lahan untuk bisa dijadikan tempat penyemaian benih atau bibit cabe rawit atau cengek ini. Maka saya minta ke Coca Cola apa bisa menyiapkan bibit cengek itu sebanyak 300 ribu bibit pohon cengek siap tanam, dan mereka pun menyanggupinya,” ungkap Eka kepada Balebandung.com.

Bibit cengek sebanyak 300 ribu itu menurut bupati nantinya untuk dibagikan ke 260 desa di wilayah Sumedang. “Artinya, bisalah satu desa dapat seribut bibit cengek untuk mereka tanam. Kalau ditanamnya bulan April, maka hasil panennya nanti di bulan Mei bisa meringankan beban masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga yang selalu mengeluhkan mahalnya harga cengek,” terang Eka.

Pada kesempatan itu bupati menerangkan kunjungannya ke pabrik Coca Cola di Cimanggung guna menjalin silaturahim antara pimpinan daerah dengan kalangan industri di sekitar kawasan Sumedang sehingga kerjasama bisa tetap terjalin dengan baik.

“Kalau ada perusahaan yang meminta fasilitasi pemerindah daerah, kita fasilitasi masalah mereka apa. Misalkan masalah perijinannya, itu akan menjadi perhatian kita agar mereka bisa tenang dalam menjalankan usahanya. Begitu juga pihak perusahaan punya program-program apa saja yang bisa diperbantukan ke pemerintah daerah, misalnya mengenai program penghijauan, termasuk soal penyerapan tenaga kerja,” urai Eka

Sejauh ini bupati menilai, CCAI telah melakukan berbagai inisiatif terkait tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR), yang bermanfaat bagi masyarakat di sekitar pabrik CCAI, maupun masyarakat di luar zona pabrik CCAI. Antara lain penyediaan layanan kesehatan secara cuma-cuma, bantuan pendidikan bagi pelajar berprestasi dari keluarga kurang mampu, bantuan infrastruktur, dukungan hari raya keagamaan, pelatihan sepakbola bagi bibit muda berbakat melalui Coke Kicks, serta penanaman pohon dan pembuatan biopori untuk pelestarian lingkungan hidup.

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI