Bale Kota BandungPendidikan

Capt. Esther Gayatri Saleh, Test Pilot Pesawat Wanita Pertama di Dunia

BANDUNG, Balebandung.com – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Nurtanio Bandung dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional menyelenggarakan seminar pendidikan bertema “Where Do You Go From Here” di Aula Rektorat Universitas Nurtanio, Jl Pajajaran Bandung, Jumat (3/5/19).

Seminar ini diisi narasumber Capt. Esther Gayatri Saleh yang merupakan Chief Test Pilot PT Dirgantara Indonesia dan merupakan member Society of Experimental Test Pilot.

Capt. Esther Gayatri saleh merupakan seorang Test Pilot Pesawat wanita pertama di Indonesia bahkan di dunia. Wanita kelahiran Palembang 3 September 1962 ini menuturkan setelah lulus Sekolah Menengah Atas, Esther langsung mencari sekolah penerbangan.

Di usianya yang masih 18 tahun, ia terbang ke Negeri Paman Sam untuk mendaftar di sekolah penerbangan Swayer School of Aviation, Phoenix, Amerika Serikat. Dua tahun ia menimba ilmu di sana.

“Karena kurang biaya, untuk biaya makan saya sempat menjadi pembantu di sana. Jadi baby sitter hingga jadi laden (pelayan),” kenang Esther.

Ada cerita menarik di balik kisah ia memilih sekolah di luar negeri. Sebelum bersekolah di Phoenix, ia lebih dulu mendaftar di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug, Banten. Karena alasan tinggi badan yang tak memenuhi syarat, Capt. Esther ditolak oleh salah satu sekolah penerbangan tertua di Tanah Air itu.

Pada 16 Agustus 2017 Esther berhasil menerbangkan Pesawat N219. N219 disebut-sebut sebagai pesawat yang dirancang sepenuhnya oleh para insinyur Indonesia sendiri. N219 berhasil diterbangkan dalam ujicoba dari Bandara Husein Sastranegara Bandung dan menjadi ‘kado’ peringatan kemerdekaan dari PT. Dirgantara Indonesia saat itu.

“Untuk mengetahui dan menjawab pertanyaan “Where do you go from here?” adalah dengan menjawab dulu pertanyaan “Where are you now? And What do you have?” Kedua pertanyaan itulah yang harus kita ketahui dulu apa jawabannya,” Esther.

Untuk profil Esther bisa dibaca di sini;

Esther Gayatri Saleh: Perempuan Kepala Pilot Uji Satu-satunya di Dunia

“Seminar pendidikan yang diselenggarakan oleh BEM Universitas Nurtanio Bandung ini bertujuan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional, memberikan motivasi kepada mahasiswa agar mengetahui langkah selanjutnya setelah saat ini, selain itu untuk lebih mengenal Capt. Esther Gayatri Saleh sebagai Test pilot pesawat satu satunya di Indonesia bahkan di dunia,” kata Elsa Aldiansah Presiden Mahasiswa Universitas Nurtanio Bandung.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close