Bale Kota Bandung

Cegah Covid 19, MCCC Kota Bandung Lakukan Penyemprotan Disinfektan AUM

BANDUNG, Balebandung.com – Muhammadiyah Kota Bandung membentuk Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC), melaksanakan program penyemprotan disinfektan secara serentak di seluruh Rumah dan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) Kota Bandung, untuk cegah Covid-19, Senin (6/4/20).

Selain program penyemprotan desinfektan, MCCC Kota Bandung juga turut mengantisipasi dampak ekonomi bagi warga yang kurang mampu dengan menyiapkan program pembagian sembako, hand sanitizer, dan masker gratis. Pembagian cairan disinfektan juga disiapkan sebanyak 1.700 liter, serta edukasi mengenai pencegahan Covid-19 kepada masyarakat.

Sekretaris Muhamadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kota Bandung, Ahmad Mulyana mengatakan, kegiatan penyemprotan sebenarnya sudah dilaksanakan sejak 20 Maret sampai 2 April 2020.

Dalam kegiatan kali ini, MCCC Kota Bandung total melaksanakan sterilisasi menggunakan disinfektan terhadap 23 masjid, 30 sekolah, 6 panti asuhan, 3 Kantor Persyarikatan, 4 Rumah dan 2 Kantor Muhammadiyah yang ada di Kota Bandung. Termasuk akan melaksanakan pembagian hand sanitizer, masker, sembako dan santunan sosial di minggu kedua bulan April kepada warga terdampak Covid-19 di Kota Bandung.

“Kegiatan ini adalah bentuk kesiapsiagaan MDMC Kota Bandung bersama seluruh lapisan AMM Kota Bandung dalam tanggap bencana Covid-19,” kata Ahmad.

Menurutnya MDMC bersama tim dari IPM, IMM, DAEC, PDPM, Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kecamatan Regol, Tapak Suci, seta para relawan lainnya bergerak melaksanakan penyemprotan dalam rangka antisipasi Covid-19.

Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Bandung Zainal Ihsan menambahkan dalam teknis pelaksanaannya, PDM Berkordinasi dengan Rumah Sakit Muhammadiyah Kota Bandung (RSMB).

“Kita mendata warga Muhammadiyah di Kota Bandung untuk mengetahui kerawanan dan dampak yang akan terjadi di daerah itu akibat Virus Corona,” ungkap Zainal.

MCCC sendiri adalah tim khusus yang dibentuk Muhammadiyah pada 5 Maret 2020, yang berfungsi sebagai pusat kordinasi untuk melaksanakan program-program pencegahan dan penyembuhan dari Virus Covid-19 ini.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close