Bale Kab BandungHumaniora

Cileunyi Percontohan Kawasan Layak Anak

Bunda PAUD Kabupaten Bandung, Nia Agustina Dadang Naser membuka Gebyar 1.000 Anak Usia Dini di Griya Cinunuk Cileunyi, Rabu (3/5). by Kominfo Setda Kab Bandung
Bunda PAUD Kabupaten Bandung, Nia Agustina Dadang Naser membuka Gebyar 1.000 Anak Usia Dini di Griya Cinunuk Cileunyi, Rabu (3/5). by Kominfo Setda Kab Bandung

CILEUNYI – HIMPAUDI Kecamatan Cileunyi kembali menggelar Gebyar 1.000 Anak Usia Dini di Griya Cinunuk Cileunyi. Ini merupakan acara rutin tahunan, sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Bunda PAUD Kabupaten Bandung, Hj. Nia Agustina Dadang Naser mengatakan seluruh kabupaten/kota saat ini didaulat untuk mengikuti standar kelayakan Kabupaten Layak Anak (KLA), sehingga acara ini merupakan momen penting bagi para orangtua untuk mau mendengar, memperhatikan dan memenuhi hak-hak anak.

“Jika kita sebagai orang tua menyayangi anak kita, sebaiknya kita mau mendengar apa yang menjadi kebutuhan mereka. Hal ini bisa di breakdown mulai dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa, RW hingga lingkup terkecil yaitu keluarga, ayahbunda harus mulai memperhatikan apa yang menjadi hak dan kewajiban anak-anaknya,” pesan Bunda PAUD.

Untuk saat ini, kata Nia, semua pihak mulai dari tingkat kabupaten/kota, kecamatan dan desa diharuskan mengkondisikan Kawasan Layak Anak (KLA). Nia menyebutkan Kecamatan Cileunyi sebagai contoh kawasan yang punya warna lain dalam menyikapi pemenuhan hak-hak anak ini.

“Kecamatan Cileunyi sudah merintis pemenuhan KLA ini, diantaranya Rumah Belajar Moderen (RBM) dan Ikatan Keluarga Anak Dengan Kecacatan (IK-ADK), di sini sudah terjalin kerjasama yang baik dari mulai pemberian bantuan, pengelolaan, bahkan kekaryaan/wirausaha bagi orangtua, ini menjadikan Kecamatan Cileunyi sebagai percontohan dan merupakan Kecamatan dengan IPM tertinggi se-Kabupaten Bandung,” katanya bangga.

Tujuan penyelenggaraan gebyar ini menurut Nia selain untuk menjalin kebersamaan dan silaturahmi di antara lembaga PAUD yang ada di Kecamatan Cileunyi, juga untuk memfasilitasi dalam menggali potensi baik untuk peserta didik, guru maupun lembaga.

Guru, anak dan orangtua diikutsertakan dengan diadakannya berbagai kegiatan seperti pelatihan menggambar dan lomba menggambar untuk guru, lomba menyanyi bersama, lomba Tahfidz Al-Qur’an, dan lomba mewarnai untuk anak PAUD Kategori Kelompok PG, A dan B serta lomba menyanyikan lagu anak untuk perwakilan orangtua dari setiap lembaga PAUD se-Kecamatan Cileunyi.

Nia Naser berterimakasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya acara ini dengan harapan semoga pendidikan di Indonesia khususnya Pendidikan Anak Usia Dini semakin berkualitas, berkembang dan sejahtera baik lembaganya maupun para pendidiknya.

“Mudah-mudahan dengan semakin diperhatikannya hak-hak anak merupakan kabar baik untuk semua keluarga Indonesia, khususnya di Kabupaten Bandung. Mari kita besarkan anak-anak kita dengan curahan kasih sayang, kita didik anak-anak kita agar kedepannya menjadi generasi penerus yang cerdas, sehat, kuat, tangguh dan membanggakan bangsa, negara dan agama,” pungkasnya.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close