Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBale KBBDamkar KBB Kurang 5 Pos Antisipasi Kebakaran

Damkar KBB Kurang 5 Pos Antisipasi Kebakaran

damkarPADALARANG – UPTD Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung Barat masih membutuhkan penambahan lima posko pemadam kebakaran (damkar) untuk menjangkau di setiap kecamatan di daerah yang ada di Bandung Barat.

“Saat ini di KBB baru ada tiga posko pemadam kebakaran yakni di Lembang, Padalarang dan Cilin,” sebut Kepala UPTD Damkar KBB Dadang Dahyar, Kamis, (19/5/16).

Dadang mengatakan idealnya jumlah posko yang dimilki setiap daerah kabupaten/kota seharusnya ada tujuh. Tujuannya agar bisa lebih cepat menjangkau permukiman masyarakat saat terjadi bencana kebakaran.

Sedangkan untuk wilayah KBB yang memiliki luas wilayah 16 kecamatan dan 165 desa diperkirakan membutuhkan sekitar sembilan posko. Untuk itu pihaknya akan mengusulkan setidaknya perlu penambahan minimal lima posko lagi, lengkap dengan infrastruktur pendukungnya seperti personel dan armada damkar.

Kini UPTD Damkar KBB mempunyai 70 personel dan harus melayani 16 kecamatan. Namun karena terbatasnya anggaran daerah membuat untuk melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan Damkar cukup terhambat.

Menurutnya beberapa posko yang dinlai sudah mendesak dan harus segera didirikan adalah Cikalong Wetan. Karena rencananya di sana akan dibangun Pusat Pemprov Jabar Kota Raya Walini, Kampung Asia Afrika, Disneyland Indonesia dan pembangunan Kereta Api cepat Jakarta – Bandung.

Selain itu, perlunya penambahan posko pemadam ini mengingat Bandung Barat ini merupakan jalur provinisi, yang setiap tahunya sering dilintasi oleh sebagian masyarakat untuk mudik ke beberpa daerah, seperti Cianjur, Sukabumi, Purawakarta dan Jakarta.

“Cikalong Wetan merupakan tujuan wisata, makanya harus disiapkan dari sekarang sebagai antisipasi jika terjadi kebakaran,” pungkasnya. [fik]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI