Bale Jabar

Dampak Wabah Corona, Kang DS Desak Gubernur Realisasikan Bantuan ke Sekolah

Anggota Komisi V DPRD Jabar Dadang Supriatna

BANDUNG, Balebandung.com – Komisi V DPRD Jawa Barat mendesar Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk segera memberikan bantuan kepada sekolah-sekolah, terutama sekolah yang terdampak oleh wabah virus corona (Covid-19).

Anggota Komisi V DPRD Jabar Dadang Supriatna mengatakan, bantuan yang diperlukan sekolah saat ini antara lain Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU) Provinsi Jabar.

“Kami mengusulkan agar pemprov mempercepat pencairan BPMU Jabar ini, untuk membantu seluruh lembaga penerima, yang wajib menyiapkan honor guru dan tenaga kependidikan,” kata Dadang dalam rilisnya, Kamis (26/3/20).

Selain itu pemprov juga harus memberikan insentif bagi sekolah swasta, agar bisa mem-back up operasional belajar di rumah. “Contohnya, seperti untuk pengeluaran pulsa atau kuota, tunjangan piket sekolah dan lain sebagainya, sebesar Rp 10 juta per sekolah per bulan,” sebut Kang DS, sapaan Dadang Supriatna.

Komisi V juga mengusukan agar ada reward/penghargaan berupa tambahan penghasilan bagi para pegawai dan honorer yang wajib hadir di lapangan. Seperti jajaran kepala sekolah dan guru piket, petugas kesehatan, Satpol PP,  penyuluh pertanian, pengawas tenaga kerja, tenaga outsourching keamanan, driver, petugas kebersihan dan yang lainnya.

“Usulan lainnya, kami juga mengusulkan agar pencairan gaji ke-13 dipercepat, yaitu pertengahan April 2020. Hal ini agar bisa dipergunakan untuk persiapan keuangan bulan puasa. Selain itu juga agar program pencegahan mudik lebaran bisa lebih efektif,” kata Kang DS. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close