Selasa, Mei 21, 2024
BerandaBale BandungDandim 0624 Kab Bandung: Jarang Ada Kepala Daerah yang Naikan Honor Babinsa...

Dandim 0624 Kab Bandung: Jarang Ada Kepala Daerah yang Naikan Honor Babinsa – Danramil

PACET, Balebandung.com – Bupati Bandung Dadang Supriatna secara simbolis menyerahkan insentif atau honor bagi 280 Babinsa dan insentif bagi 15 Komandan Rayon Militer (Danramil) termasuk Wakil Danramil, dan Bintara Tinggi Tata Usaha dan Urusan Dalam (Bati Tuud) Koramil.

Penyerahan kenaikan insentif dilakukan di sela peresmian Koramil 2416, di Jl. Raya Pacet – Majalaya Kp. Pasir Astana RT. 03/RW. 06 Ds. Cipeujeuh Kec. Pacet Kab. Bandung, Rabu (24/1/2024).

Penyerahan insentif turut disaksikan Komandan Korem 062 Tarumanegara Kol Arh Rudi Ragil, Dandim 0624 Letkol Inf Hamzah Budi Susanto, Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo, dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bandung Wawan Ruswandi.

Bupati Bandung mengatakan, penyerahan insentif secara simbolis ini sekaligus mengumumkan kenaikan honor bagi Babinsa dan Danramil di tahun 2024.

Kenaikan tersebut dimulai tahun 2024 bagi Babinsa dan Bati Tuud menjadi Rp1.050.000 per bulan, naik dari tahun sebelumnya yang Rp 600.000 per orang per bulan.

Artinya, honor Babinsa ini naik sebesar Rp450 ribu per bulan mulai tahun 2024. Sementara untuk Danramil dan Wadanramil naik menjadi Rp2.100.000 per bulan.

“Alhamdulillah, sebelum dinaikan itu insentif Babinsa hanya Rp200 ribu per bulan. Setelah saya dilantik menjadi Bupati Bandung, pertama kali saya naikan menjadi Rp500 per bulan. Tahun ini insya Allah karena kebutuhan dan melihat kondisi di lapangan, juga karena Babinsa ini berperan aktif dengan para kepala desa, maka saya naikan lagi menjadi Rp 1 juta per bulan,” ungkap bupati.

Bupati Dadang Supriatna menjelaskan dinaikannya insentif untuk Babinsa dan Danramil ini. Menurutnya, hal ini berdasarkan pengalamannya yang pernah menjabat Kepala Desa Tegalluar, Bojongsoang selama dua periode.

“Kenapa saya lebih memperhatikan honor Babinsa ini? Karena saya pernah mengalami jadi kepala desa. Sebagai kades, hampir setiap hari kami berkomunikasi dan berkordinasi dengan Babinsa,” tutur Kang DS, sapaan Dadang Supriatna.

Kang DS pun mengucapkan selamat kepada Babinsa dan Danramil dan berterima kasih kepada DPRD Kabupaten Bandung yang menyetujui usulannya untuk menaikan insentif ini.

“Dulu sebagai kades, saya sendiri merasakan, kadang-kadang lagi punya uang, kadang-kadang juga tidak punya. Jadi, lebih baik kita lebih memberikan perhatian. Maka tidak ada salahnya mulai tahun 2024 ini saya naikan honornya menjadi Rp1 juta per bulan, supaya kondisi kita di lapangan tetap terjaga,” tutur Kang DS.

Ia pun berterima kasih kepada TNI khususnya jajaran Kodim 0624 Kabupaten Bandung karena selama hampir tiga tahun dirinya menjabat Bupati Bandung, kondisi keamanan Kabupaten Bandung kondusif terkendali.

“Alhamdulillah, berkat kolaborasi dari semua stakeholder dan saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran dari TNI dan Polri, juga masyarakat Kabupaten Bandung atas terjaganya kondusivitas wilayah, sehingga bisa meningkatkan semua potensi-potensi daerah yang ada,” ucap Bupati Bedas.

Pada kesempatan itu Bupati Bandung juga secara simbolis menyerahkan hibah dua unit mobil dinas Pajero Sport dan Expander untuk kendaraan dinas Dandim 0624 Kabupaten Bandung.

Dandim 0624 Kabupaten Bandung Letkol Inf Hamzah Budi Susanto mengatakan kenaikan insentif bagi Babinsa dan Danramil ini akan sangat berdampak positif bagi jajarannya untuk semakin memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Bandung.

Dalam penyaluran insentifnya nanti, kata Dandim, dilakukan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bandung langsung ke rekening para Babinsa di 280 desa/kelurahan dan 16 Danramil di teritorial Kabupaten Bandung.

“Ya alhamdulillah, terima kasih kepada Pak Bupati Bandung. Ini sangat luar biasa, merupakan kebijakan dari seorang kepala daerah yang sangat jarang dan langka. Dandim ingin meningkatkan kesejahteraan anggotanya tapi tidak bisa, akhirnya Bupati Bandung yang bergerak,” seloroh Dandim 0624.***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

spot_img