Bale Kota BandungPeristiwa

Densus dan Polda Jabar Geledah Rumah Tersangka Jaringan Bom Panci Buahbatu

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus. by tam/bbcom
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus. by tam/bbcom

BACIP – Tim Densus 88 Antiteror bersama Polda Jawa Barat menggeledah sebuah kontrakan terduga teroris Ade Arif Suryana, di Kampung Cibolerang, Kelurahan Margahayu Utara, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung, Rabu (13/7/17) petang.

Penggeledahan terkait dengan Agus Wiguna, pelaku pemilik bom panci yang meledak di kawasan Kubangbeureum, Kel Sekejati, Kec Buahbatu, akhir pekan lalu. Ade sendiri ditangkap di Cibiru, Kota Bandung, Selasa (12/7) malam.

Dari hasil penggeledahan, petugas menemukan rangkaian bahan perakit bom dan serta cairan kimia yang diduga akan digunakan sebagai peledak di rumah kontrakan terduga teroris.

Di kontrakan ini diduga Ade bersama Agus merencanakan aksinya di beberapa titik di Kota Bandung. Ade diduga berperan sebagai perencana dan mengatur lokasi peledakan tersebut, juga membantu Agus merakit bom.

Dari hasil penggeledahan, polisi menemukan sejumlah barang-barang yang berkaitan erat dengan upaya perakitan bom, seperti bahan baku membuat berupa aseton serta catatan petunjuk cara membuat bom.

“Kelompok ini sudah melakukan aksinya sejak bulan Mei lalu di salah satu tempat di Kota Bandung, namun aksi mereka gagal karena bom yang mereka rakit tidak sempurna, sehingga tidak meledak,” ungkap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus.

Setelah itu, imbuh Yusri, mereka berencana akan mengulang aksi serupa pada 16 Juli mendatang, namun bom yang mereka rakit lebih dahulu meledak di kontrakan Agus Wiguna pada Sabtu (8/7) lalu.

Hingga saat ini pihak kepolisian sudah mengamanankan 3 orang terduga pelaku peledakan bom panci dan masih menjalani pemeriksaan oleh Tim Densus 88. (tam).

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close