Bale CimahiGaya HidupKesehatan

Dinkes Cimahi Bentuk Tim Khusus Kesehatan Kejiwaan

kesehatan kejiwaanCIMAHI – Pemkot Cimahi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) akan membentuk Tim Penanggulangan Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM). Tujuan dibentuknya tim tersebut untuk mencegah dan menanggulangi gangguan kesehatan kejiwaan di masyarakat.

Kepala Dinkes Kota Cimahi drg Pratiwi mengatakan dasar dari akan dibentuknya tim tersebut karena persoalan kesehatan jiwa ini masih sangat besar termasuk di Cimahi. Untuk itu perlu ada perhatian khusus dari semua pihak untuk mengentaskan persoalan ini.

“Untuk mengatasi masalah kesehatan jiwa di masyarakat, kami segera akan membentuk Tim Penanggulangan Kesehatan Jiwa Masyarakat yang nanti anggotanya berasal dari berbagai kalangan,” ungkap Pratiwi saat Sosialisasi Kesehatan Jiwa Masyarakat di Aula gedung B Kompleks Pemkot Cimahi, Kamis (7/4/16).

Menurutnya pengentasan persoalan ini tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Karena perlu penanganan yang intensif dan berkelanjutan. Saat ini berdasarkan data dari kesehatan dasar (Kesdas) pusat diprediksi tahun 2013 di Indonesia itu ada 1,7 per seribu penduduk terkena gangguan jiwa berat.

Sementara di Jabar sendiri 1,6 per seribu penduduk, sedangkan di Cimahi menurut estimasi dari provinsi di tahun 2015 ada 2,0 per seribu penduduk yang mengalami masalah kesehatan kejiwaan. “Angka itu terbilang tinggi, walapun mungkin di lapangan bisa saja angkanya jauh lebih besar,” sebutnya. [fik]

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Back to top button
Close