Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaBale KBBDPRD KBB Kecewa Kualitas Perbaikan Jalan Buruk

DPRD KBB Kecewa Kualitas Perbaikan Jalan Buruk

jalan-kbbLEMBANG – Perbaikan sejumlah ruas jalan rusak yang dilakukan Dinas Bina Marga Kabupaten Bandung Barat (KBB) dinilai buruk. Diprediksi kekuatan jalan yang diperbaiki itu maksimal hanya bertahan setahun. Padahal secara hitungan anggaran kekuatannya bisa di atas tiga tahun.

Ketua DPRD KBB Aa Umbara Sutisna menilai kondisi itu banyak terjadi dan ditemuinya di sejumlah lokasi. Bahkan ada yang hanya dalam hitungan bulan jalan yang baru diperbaiki, sudah rusak lagi.

“Ini bagaimana pengerjaannya? Jalan yang baru diperbaiki, tapi sekitar enam bulan berikutnya sudah rusak lagi. Padahal seharusnya jalan itu kekuatannya bisa di atas tiga tahun,” ungkap Aa di Lembang, Selasa (15/3/16).

Aa menilai kerusakan jalan tersebut diantaranya disebabkan kontraktor pelaksana proyek yang tidak profesional. Sebab banyak di antara kontraktor yang melakukan perbaikan jalan dengan melimpahkan ke subkontraktor. Parahnya, para subkontraktor itu tidak punya modal memadai, sehingga hanya melakukan pengerjaan yang asal-asalan.

“Dampaknya perbaikan jalan jadi tidak maksimal karena mereka hanya berpikir bagaimana mendapatkan untung yang besar,” kata Aa.

Karena itu pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Bina Marga untuk mengatasi persoalan itu. Sebab anggaran yang dikeluarkan untuk perbaikan jalan ini tidak kecil. Bahkan untuk proyek pembangunan Jalan Purabaya-Jati-Saguling sepanjang 16 kilometer nilainya mencapai Rp 23,7 miliar, yang pekerjaannya pun tidak beres dan bermasalah.

“Kondisi itu harus dibenahi. Tidak mungkin setiap tahun pemda menganggarkan uang untuk perbaikan jalan terus. karena masih banyak bidang lain yang juga perlu perhatian,” pungkasnya. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI