Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaBale Kota BandungEmil Temui Warga di Bale RW 07 Rancabolang

Emil Temui Warga di Bale RW 07 Rancabolang

BANDUNG – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menemui warga Cluster Cemara di Bale RW 07 Kelurahan Rancabolang, Kecamatan Gedebage, Minggu (14/2/16). Pertemuan itu untuk berdialog dengan warga terkait keluhan atas rencana dibangunnya fly over di daerah tersebut.

Warga mengeluh merasa tidak nyaman, kemudian mempermasalahkan mengenai drainase dan akses masuk jika fly over dibangun. Menjawab keluhan warga, walikota yakin bahwa pembangunan yang sedang dilaksanakan di Gedebage merupakan perencanaan yang sudah lama dipikirkan.

“Jauh sebelum hari ini, pusat pertumbuhan Kota Bandung akan berpindah ke sini. Dari jaman Belanda sampai 70 tahun pusat kota selalu di Alun-alun. Makanya sudah direncanakan dari dulu untuk pindah ke Gedebage,” papar Ridwan.

Lebih lanjut Emil menekankan pengembangan Kecamatan Gedebage sudah pasti akan membawa dampak yang sangat bermanfaat nantinya bagi masyarakat Gedebage sendiri.

“Kita harus memikirkan kedepannya agar bisa lebih tertata, sehingga akan lebih nyaman dan banyak masalah yang tertangani. Teknopolis itu dari Jalan Bypass Sukarno-Hatta sampe tol, termasuk Kompleks Adipura,” terangnya.

Perlahan tapi pasti, sambung Emil, Komplek Adipura akan sangat terpengaruh secara positif dari berbagai aspek. ” Menyelamatkan Kota Bandung, bukan karena tadinya di sini hanya akan dibuat komplek saja, tapi sekarang ke depan akan menjadi pusat kota sehingga akan banyak pergerakan ekonomi dan juga tidak statis seperti sebuah komplek biasa,” paparnya.

Berkenaan dengan flyover, Emil menerangkan kepada warga, dengan keadaan geografis Gedebage yang rendah, perlu adanya perbaikan struktur elevasi sehingga kedepannya akan berkesinambungan dengan pembangunan Teknopolis.

“Bandung Teknopolis akan dibuat tinggi agar bisa semua terintegrasi dari tempat kerja sampai rekreasi, sehingga semua aktivitas akan di sini semua. Ini akan mengurangi pergerakan kendaraan bermotor sehingga tidak akan macet,” jelas Emil.

Berkenaan banjir yang sering melanda warga setempat, Emil mengatakan nantinya akan dibangun danau resapan air dan akan dibangun dua danau yang salah satu lahannya sedang dibebaskan oleh provinsi.

“Di atas salah satu danau akan juga dibangun mesjid yang saya desain sendiri.
Jadi semua yang akan dibangun di sini semata-mata memang hal yang dibutuhkan bagi pengembangan Kota Teknopolis, bahkan untuk monorel MRT sudah minta ke presiden disatupaketkan dan akan melewati sini yang akan mengkoneksi Gedebage ke seluruh Bandung,” jelasnya.

Dengan begitu, imbuh dia, warga Gedebage nantinya tidak perlu pergi kemana-mana untuk melakukan semua aktivitas. “Akan juga ditambahi wisata religi pabrik Al Quran bantuan Saudi Arabia. Selain itu Balai Kota Bandung akan pindah juga ke Gedebage, sehingga semua proses pemerintahan akan di Gedebage semua dan akan lebih mudah mengaksesnya,” sebut Emil.

Berkaitan dengan akses jalan, Emil mengatakan warga akan diberikan 3 solusi yaitu rute lama dan salah satunya yang baru adalah melalui sebelah kecamatan dan ini sudah dibicarakan dengan Summarecon juga untuk rute satunya lagi.

“Berkaitan dengan permintaan warga untuk menggeser jalan flyover itu akan dibicarakan langsung dengan Summarecon dan bila ada ketakutan akan kebisingan nantinya akan digunakan soundbarrier sehingga seperti di Hongkong, meskipun jalan cuma berjarak 5 meter dari perumahan warga pun tidak akan bising, ” pungkas Emil.

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI