Kamis, September 29, 2022
BerandaBale BandungFirmansyah Lesmana: BPD dan Kepala Desa Diharapkan Bisa Sinergis Membangun Desanya

Firmansyah Lesmana: BPD dan Kepala Desa Diharapkan Bisa Sinergis Membangun Desanya

KAB BANDUNG, Balebandung.com – Ketua ABPEDNAS Kabupaten Bandung, Firmansyah Lesmana, S.IP mengapresiasi kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Lembaga Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se- Kecamatan Pasirjambu.

Hal itu disampaikan Firmansyah, disela kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Lembaga Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kecamatan Pasirjambu di RM. Sindangreret, Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Sabtu (10/9).

Firmansyah mengharapkan, melalui kegiatan tersebut, bisa memberikan pengetahuan dan wawasan kepada para anggota BPD tentang regulasi tentang pemerintah desa sehingga bisa melaksanakan peran BPD sesuai dengan regulasi yang sudah ada.

Ia juga berharap antara BPD dan Kepala Desa bisa sinergis dalam membangun desanya masing-masing, sesuai tugas dan fungsinya.

“Kami apresiasi yang setinggi-tingginya kepada rekan BPD Kecamatan Pasrijambu, yang sudah melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas BPD. Ini salah satu langkah untuk lebih maju, apalagi tadi hadir camat, perwakilan kapolsek, para kepala desa dimana hal tersebut menunjukkan bahwa antara kepala desa, BPD dan stakeholoder lainnya bersinergis, bersama-sama membangun Kabupaten Bandung,” tutur Firmansyah.

Sementara itu, Camat Pasirjambu , Dudung berharap, melalui kegiatan bimtek tersebut bisa membangun kebersamaan dan sinergisitas diantara BPD dan pemerintah desa.

Menurutnya, sinergisitas yang baik wajib dimiliki oleh semua unsur pemerintahan.

Dudung mengatakan, saat ini kebersamaan kepala desa dengan BPD sudah terbangun dengan sangat baik.

“BPD sebagai lembaga legislatif di desa dan kepala desa sebagai eksekutif, dalam pemerintahan desa tentunya harus sinergi untuk merespon dan menangkap permasalahan yang ada di masyarakat, sehingga bisa mendorong pelaksanaan pembangunan dan pemerintah desa yang bisa cepat dan mensejahterakan masyarakat,” kata Dudung.

Ketua Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Kecamatan Pasirjambu H. Wardiat Daryatna mengatakan kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Lembaga Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung ini memiliki sejumlah tujuan.

Pertama adalah untuk mempererat hubungan dan silahturahmi diantara BPD Kecamatan Pasirjambu dengan sepuluh Pemerintah Desa yang ada di Kecamatan Pasirjambu. Meskipun, saat ini koordinasi diantara BPD Kecamatan Pasirjambu dengan pemerintah desa sudah terjalin dengan baik.

“Total ada 100 peserta yang hadir. Tujuannya adalah agar dapat mengetahui sejauh mana sinergisitas diantara BPD dengan pemerintah desa. Agar lebih meningkatkan profesionalisme ,” ujar H. Wardiat Daryatna.(*)

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI