Bale Jabar

Forkowas Bantu Warga Korban Banjir Sumedang

Ketua Forkowas Azis Abdullah secara simbolis menyerahkan bantuan Camat Jatinangor Syarif Effendi Badar di halaman Kantor Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang, Kamis (4/3/20). forkowas

JATINANGOR, Balebandung.com – Forum Komunikasi Wartawan Sumedang (Forkowas) menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Sumedang Utara dan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu (4/3/20).

Ketua Forkowas Azis Abdullah secara simbolis menyerahkan bantuan tersebut kepada Forkopimka Jatinangor yang diwakili Camat Jatinangor Syarif Effendi Badar di halaman Kantor Kecamatan Jatinangor.

Kepala Divisi Bidang Sosial dan Humas Forkowas Ismail Edwin mengatakan para wartawan di Kabupaten Sumedang yang tergabung dalam Forkowas sebelumnya menggalang dana untuk mengumpulkan bantuan yang akan diberikan kepada warga terdampak banjir di dua kecamatan tersebut.

“Selain patungan dari anggota Forkowas, kami juga menggalang dana dengan mitra kerja Forkowas. Alhamdulillah, dana yang terkumpul kami belikan kebutuhan pokok masyarakat untuk selanjutnya diserahkan ke pihak kecamatan,” jelas Kakak Mail.

Sebanyak 45 dus mi instan, beras 16 karung dan minuman ringan, air mineral 10 dus diberikan kepada korban bencana Jatinangor. Teknisnya, kata Ismail, bantuan itu akan disalurkan oleh Pemerintahan Kecamatan Jatinangor kepada warga terdampak banjir di lima desa di dua kecamatan tersebut.

Ismail menandaskan, pihaknya ingin agar wartawan bukan sekadar melaksanakan tugas profesinya sehari-hari, tapi juga mampu bergerak di kegiatan sosial.

“Kami berharap dengan kegiatan sosial ini, kepekaan sosial, jiwa sosial wartawan khususnya yang tergabung dalam Forkowas makin terus terasah,” ucapnya. Terlebih banyak korban diantaranya merupakan narasumber dan mitra kerja awak media dalam menjalankan tugasnya.

Dari data tercatat warga terdampak banjir di Dusun Panjeleran RT/RW 1 Desa Padasuka Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang ada 28 Kepala Keluarga (KK). Sementara di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor ada 30 warga terdampak banjir yang terjadi pada Jumat (28/2) lalu.

Camat Jatinangor Syarif Effendi Badar mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi upaya Forkowas membantu korban banjir. Camat berharap ke depan kerja sama dengan awak media tak hanya dalam bidang pemberitaan, tapi juga di bidang sosial.

“Insya allah amanah ini akan kami sampaikan kepada warga kami yang terkena dampak. Kepedulian rekan-rekan awak media ini sebagai bukti bahwa wartawan juga bisa berbuat sosial, dan patut diacungi jempol,” kata Syarif.

Camat berharap, kepedulian wartawan ini bisa membantu masyarakat yang korban banjir. “Mudah-mudahan ini bisa membantu meringankan beban masyarakat Kecamatan Jatinangor,” ucap camat. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close