Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBale BandungGedung Induk Pencelupan Tekstil Majalaya Dijual

Gedung Induk Pencelupan Tekstil Majalaya Dijual

MAJALAYA, Balebandung.com – Salah satu peninggalan kejayaan industri tektil di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung yakni Gedung Induk Pencelupan Majalaya (Inpema), di Jl. Raya Laswi, Desa Sukamukti, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung.

Sebuah pabrik pencelupan tekstil yang cukup besar pada masanya, yang berdiri di atas lahan seluas 4 hektare.

Gedung ini merupakan aset milik pemerintah daerah dan dikelola oleh PT Agronesia Jabar, sebuah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Konon, karena merupakan aset Pemprov Jabar, gedung itu kemudian disewakan Hak Guna Usaha (HGU) kepada perorangan maupun perusahaan-perusahaan swasta.

Namun anehnya sejak beberapa hari terakhir ini di gedung itu terpasang spanduk untuk dijual dengan cara menghubungi agen properti swasta Raywhite. Bahkan sebelumnya pun sempat ramai ditawarkan di situs-situs website penjualan property seperti Rumah.com. Harga yang ditawarkan mencapai Rp75 miliar.

Saat dikonfirmasi ke Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Provinsi Jabar, Kepala DPKAD Jabar Nanin Hayani Adam mengaku aset tersebut dikelola PT Agronesia.

Saat ditanya kenapa di Gedung Inpema itu dipasangi spanduk dijual, Nanin tidak bisa menjawab. “Saya tidak paham. Soalnya tidak di bawah pengelolaan BPKAD Jabar,” tukas Nanin saat dihubungi, Kamis (26/8/21).

Gedung Inpema merupakan bangunan yang memiliki bentuk memanjang sejajar dengan jalan yang berada di depannya. Bangunan ini pada bagian depan secara garis besar terdiri dari tiga bagian.

Antara lain bagian atas terbuat dari kontruksi dinding tembok, bagian tengah pasangan pintu dan jendela, dan bagian bawah konstruksi dinding tembok yang dilapisi dengan masonry atau batu ekspose.***

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI