Minggu, April 14, 2024
BerandaBale Kota BandungWarga Binaan Rutan Bandung Dilatih Kepemimpinan dan Organisasi

Warga Binaan Rutan Bandung Dilatih Kepemimpinan dan Organisasi

BALEBANDUNG.COM, BANDUNG – Rutan Kelas I Bandung mengadakan kegiatan Perkemahan Sehari sekaligus pelantikan Anggota dan Pengurus Pramuka Gugus Depan 12-045 Pangkalan Rutan Kelas I Bandung.

Kegiatan yang digelar Sabtu 25 Februari 2023 menjadi hari yang penuh semangat bagi anggota pramuka Gugus Depan 12-045 Pangkalan Rutan Kelas I Bandung, karena pada hari ini mereka akan secara resmi dilantik untuk menjadi pengurus maupun anggota pramuka.

Kegiatan perkemahan bagi warga binaan Rutan Bandung ini diimulai dengan khidmatnya upacara pembukaan yang dibuka langsung oleh Surya Widjaya, Kasi Pelayanan Tahanan yang pada kesempatan kali ini mewakili Kepala Rutan Kelas I Bandung yang berhalangan hadir karena menjalankan tugas.

Dalam sambutannya Surya menyampaikan, agar para warga binaan mengambil manfaat dan makna dari kegiatan pramuka ini.

“Kita harus dapat mengambil manfaat dari kegiatan ini, disini kita dilatih untuk memiliki jiwa pemimpin yang dapat menuntun, mendorong, dan menggerakkan sebuah tim” terang Surya, Sabtu 25 februari 2023.

Dalam kegiatan ini dipertunjukkan kebolehan anggota pramuka dalam mengiringi lagu daerah dan modern dengan menggunakan alat musik tradisional angklung.

Penampilan ini memukau semua tamu undangan yang datang dari kwarcab Kota Bandung dan kwarda Jawa Barat.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan berbagai permainan yang mengasah keterampilan dan mengandalkan kerja sama tim dalam kegiatan games dan outbound yang diikuti dengan suka cita oleh seluruh peserta.

Surya menambahkan, anggota pramuka dari Rutan Kelas I Bandung, menampilkan kemampuannya dihadapan tamu undangan yang hadir.

“Setelah menguji kerja sama tim kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pengetahuan kepramukaan melalui kegiatan scouting skill. Lalu kegiatan ditutup dengan pelantikan pengurus dan anggota pramuka gugus depan 12-045 Pangkalan Rutan Kelas I Bandung dan penyalaan api unggun sebagai penghujung rangkaian acara pada hari ini, ” jelas Surya.

Dihubungi terpisah, Suparman selaku Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas I Bandung mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan warga binaan di bidang organisasi pramuka.

“Saya sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan Persari dalam rangka pelantikan pengurus dan anggota pramuka gugus depan 12-045 pangkalan Rutan Bandung,”imbuhnya.

Karutan menegaskan,bahwa egiatan ini merupakan bentuk nyata komitmen Rutan Kelas I Bandung untuk memberikan pembinaan kepribadian yang terbaik bagi warga binaan yang menjalani masa pidana di Rutan Bandung.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi mereka dan merubah mereka menjadi manusia yang lebih baik, ” pungkasnya.

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI