Bale KBB

Gunakan Toa, Bupati KBB Himbau Pengunjung Pasar Jaga Jarak

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna beserta unsur Muspida menghimbau masyarakat untuk melakukan social dan physical distancing di Pasar Panorama Lembang, Bandung Barat, Jumat (10/4). by Saifal/TIMES

LEMBANG, Balebandung.com – Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna beserta unsur Muspida Kabupaten Bandung Barat (KBB) terjun langsung dalam melakukan himbauan kepada masyarakat untuk melakukan social dan physical distancing di Pasar Panorama Lembang, Bandung Barat, Jumat (10/4/20).

Bupati Umbara menghimbaumasyarakat dengan menggunakan toa atau pengeras suara untuk mencegah penyebaran wabah Virus Corona di Bandung Barat.

“Saya terjun langsung ke pasar bersama Kapolres, Dandim dan sejumlah pejabat untuk menyosialisasikan pencegahan Covid -19. Sekaligus pula ingin melihat secara langsung bagaimana kondisi di pasar. Apakah imbauan pemerintah yang sudah dilakukan selama ini, sudah diterapkan atau belum,” kata bupati.

Didampingi Kapolres Cimahi AKBP Mochammad Yoris Maulana Yusuf, dan Dandim 0609 Letkol ARH Teguh Waluyo, bupati melihat pedagang sudah mematuhi anjuran pemerintah dengan menggunakan masker.

“Tapi masih terjadi ketidakpatuhan dari penerapan social distancing dan physical distancing,” tukasnya.

“Kami dari jajaran pemerintah tidak akan lelah untuk memperingatkan masyarakat untuk menerapkan jaga jarak. Perlu diingat menjaga jarak bukan berarti memutus tali silaturahmi, tapi ini dilakukan untuk mencegah penularan virus corona,” imbuh Umbara.

Ia meminta kesadaran kepada semua masyarakat untuk tetap mematuhi imbauan pemerintah tersebut. Semua itu untuk kebaikan buat diri sendiri juga orang lain.

“Melindungi diri sendiri berarti juga melindungi orang di sekitar kita. Melindungi orang-orang yang kita cintai. Oleh karena itu patuhi penggunaan masker saat keluar rumah atau ketika sedang berada di luar,” sarannya.

Pada kesempatan itu Bupati Umbara secara simbolis menyerahkan bantuan masker kepada warga Pasar Panorama. Total masker yang dibuat oleh Pemkab Bandung Barat untuk dibagikan kepada masyarakat sebanyak 75 ribu pcs.

“Kemarin (Kamis,9/4) sebanyak 5.000 masker sudah dibagikan kepada pedagang Pasar Panorama. Alhamdulillah, hari ini saya lihat semua pedagang sudah memakai masker,” ucap Umbara.

Ia mengungkapkan, 75 ribu masker akan dibagikan kepada orang-orang yang banyak beraktivitas di luar seperti tukang ojek pedagang, buruh tani, sampai RT/RW dan sebagainya.

“Hari ini sengaja kita bagikan masker di pasar, karena pasar menjadi tempat berkumpulnya banyak orang,” kata dia.

Selain masker, diserahkan pula bantuan wastafel portable. Bupati meminta kepada pengelola pasar dan paguyuban pedagang untuk memanfaatkan tempat cuci tangan tersebut.

“Saya berharap wastafel portable ini dimanfaatkan secara baik. Masyarakat yang hendak masuk dan keluar dari pasar diupayakan untuk mencuci tangan di wastafel portable ini. Jika satu kurang, bisa ditambah dua lagi,” tuturnya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini bisa memutus rantai Penyebaran Covid-19 di Bandung Barat. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Back to top button
Close